Manfaat Kentang Untuk Bayi

Sebelum mengetahui resep bubur saring kentang ayam, Moms harus mengetahui terlebih dahulu apa sih manfaat kentang dan ayam untuk bayi?

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mudah didapat dengan harga terjangkau. Selain itu kentang juga mudah diolah dalam berbagai menu MPASI sehingga si kecil tidak bosan. Berikut ini manfaat kentang sebagai makanan bayi:

Kentang baik bagi pencernaan
Tahukah Anda bahwa kentang juga memiliki kandungan serat yang tinggi? Serat yang tinggi baik bagi bayi agar pencernaannya tetap lancar dan sehat.

Baik bagi sistem kekebalan tubuh
Kentang memiliki antioksidan tinggi, beta-karoten, vitamin C, vitamin B kompleks, besi dan fosfor. Berbagai jenis vitamin ini diperlukan tubuh untuk melindungi diri dari kuman penyebab penyakit. Selain vitamin B juga baik bagi perkembangan saraf bayi.

Lezat dan Bergizi, Ini Resep MPASI Bubur Saring Kentang Ayam Untuk Bayi 8 Bulan
source: https://doktersehat.com/

Menjaga tekanan darah tetap stabil
Kandungan potasium pada kentang berfungsi untuk menjaga tekanan darah tetap stabil sehingga mampu menjaga metabolisme tubuh si kecil dengan baik.

Sumber tenaga yang baik
Dibandingkan nasi, kentang merupakan sumber karbohidrat yang lebih sehat. Karbohidrat digunakan bayi untuk sumber tenaga agar bayi tidak lemas dan mendukung aktivitas hariannya.

Manfaat Ayam Untuk bayi

Ayam terlebih pada bagian cekernya merupakan pilihan tepat Moms untuk Mpasi si kecil. Pasalnya, dalam 100 gram ceker ayam terdapat 150 Kkal, dan kebutuhan kalori bayi 7-11 bulan adalah 725 Kkal per hari. Lalu apa saja manfaat ayam untuk bayi?

Mengoptimalkan Perkembangan Otak
Tak hanya ikan salmon, ceker ayam juga kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6 lho, Moms! Dalam 100 gram ceker ayam terkandung 187 mg omega-3 dan 2.571 mg omega-6. Seperti yang Moms ketahui, kedua kandungan ini sangat baik untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak.

Menjaga Kesehatan Tulang
Produk susu bukan satu-satunya makanan yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang, karena manfaat ini juga bisa didapat dari ceker ayam. Makanan yang satu ini mengandung kolagen yang terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, memperkuat otot, dan menjaga kulit bayi agar tetap baik.

Lezat dan Bergizi, Ini Resep MPASI Bubur Saring Kentang Ayam Untuk Bayi 8 Bulan

Mempercepat Penyembuhan Luka
Ceker ayam mengandung kolagen. Menurut National Library of Medicine, kandungan kolagen dalam ceker ayam bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka pada anak dan orang dewasa lho, Moms.

Menjaga Kesehatan Mata
Tidak hanya wortel, makan ceker ayam juga bisa lho Moms, karena dalam 100 gram ceker ayam terkandung kurang lebih 100 IU vitamin A.

baca juga

Resep Bubur Saring Kentang Ayam

Nah, setelah mengetahui manfaat kentang dan ayam untuk bayi. Seperti dilansir Haibunda, yuk, catat Resep Bubur Saring Kentang Ayam berikut ini.

Bahan:

  • 100 gram kentang kupas, potong dadu
  • 20 gram kacang polong
  • 20 gram tomat merah
  • 10 gram keju
  • 200 ml kaldu daging ayam/ikan/daging
  • 100 gr daging ayam
Lezat dan Bergizi, Ini Resep MPASI Bubur Saring Kentang Ayam Untuk Bayi 8 Bulan
source: https://www.haibunda.com/

Cara Membuat:

  • Rebus kentang, ayam yang telah dicincang, kacang polong, tomat, dan kaldu sampai empuk. Masukkan keju.
  • Masak lagi sampai mendidih. Bunda juga bisa memanfaatkan slowcooker untuk cara masak yang lebih praktis.
  • Setelah bahan rebusan hangat, blender atau saring.
  • Tuang ke mangkuk kecil.
  • Sajikan untuk si kecil selagi hangat.
Mudah kan, Moms. Selamat mencoba sendiri di rumah Mommies.