Banjir besar yang melanda Jakarta dan sekitarnya kemarin ternyata masih belum menjadi puncak dari musim hujan tahun ini. Mommy yang berdomisili di wilayah Jabodetabek harus tetap waspada. Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa wilayah Jabodetabek akan kembali diguyur hujan sedang hingga lebat di sekitar pertengahan Januari. Meskipun begitu, hujan yang akan turun kali ini diprediksikan tidak akan selebat di awal tahun baru kemarin.

Waspada Banjir! Hujan Deras Akan Mengguyur Jabodetabek Tanggal 9-12 Januari
source: https://www.tempo.co/

Melansir dari Haibunda, berikut ini adalah detail prediksi cuaca yang akan terjadi pada tanggal 10-12 Januari 2020:

Jumat, 10 Januari 2020

Pada hari Jumat, 10 Januari 2020, diprediksikan akan ada potensi hujan dengan tingkat intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang serta kilat/petir. Hujan ini akan dimulai pada diri hari menjelang pagi, khususnya di area Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi, serta sebagian wilayah Depok, dan Bogor. Kemudian, diprediksikan intensitas hujan akan perlahan menurun pada pagi hari hingga menjelang siang. Kemudian, hujan akan kembali deras pada sore hari menjelang malam.

Sabtu-Minggu, 11-12 Januari 2020

Kemudian, untuk perkiraan cuara di akhir pekan diprediksikan intensitas hujan di area Jabodetabek akan relatif berkurang jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Akan tetapi, hujan berintensitas ringan hingga sedang masih diprediksikan terjadi, khususnya di area Bogor, Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bekasi, serta Tangerang.

Waspada Banjir! Hujan Deras Akan Mengguyur Jabodetabek Tanggal 9-12 Januari
source: https://climateextremes.org.au/

Selain itu, prediksi cuaca ini juga membuat Kedubes AS mempublikasikan pengumuman untuk memperingati warga Amerika yang berada di Indonesia agar selalu waspada dan berhati-hati untuk risiko banjir susulan, khususnya untuk prediksi hujan deras yang akan terjadi tanggal 12 Januari di mana hujan deras akan kembali turun.