Dalam pengumuman yang diunggah di akun Instagram @sussexroyal, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengatakan bagaimana mereka telah lama memikirkan keputusan besar ini. "Setelah berbulan-bulan membahas dan berdiskusi, kami memilih untuk melakukan transisi tahun ini," ungkap mereka di Instagram.

Alasan Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Kerajaan Inggris
source: https://www.insider.com/

Mereka juga mengatakan bahwa mereka berharap bahwa keputusan mereka dapat ntuk "mengukir peran baru yang progresif dalam lembaga ini." Dalam hal ini, Pangeran Harry dan Meghan Markle bermaksud untuk mundur sebagai anggota 'senior' dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial. Meskipun begitu, mereka akan terus sepenuhnya mendukung Ratu Kerajaan.

Melansir dari CNN, Harry dan Meghan memilih keputusan ini tanpa berkonsultasi dengan anggota keluarga kerajaan lain tentang niatan mereka. Keputusan yang mereka buat tentu menimbulkan kekecewaan yang mendalam di istana. Bahkan, banyak pemberitaan yang mengungkap bahwa anggota senior keluarga terluka karena berita tersebut.

Alasan Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Kerajaan Inggris
source: https://www.latimes.com/

Setelah pengumuman resmi dari Duke dan Duchess of Sussex, Istana Buckingham mengungkapkan bahwa situasinya sangatlah "rumit." Mereka berusaha untuk melakukan diskusi lebih mendalam, tetapi tahapan diskusi ini masih berada dalam tingkatan awal. Yang pasti, pihak kerajaan sangat memahami keinginan kedua pasangan ini untuk melakukan peran dan pendekatan yang berbeda.

baca juga

Duke dan Duchess of Sussex diketahui tidak memberikan keterangan pada media. Hal ini menunjukkan jelas bagaimana keduanya sangat menginginkan kehidupan yang lebih pribadi tanpa perhatian publik yang begitu besar dan selalu mereka perjuangkan.

Alasan Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Kerajaan Inggris
source: https://www.hellomagazine.com/

Dalam postingan yang diunggah di akun media sosial mereka, pasangan itu mengungkapkan mereka berencana untuk membagi waktu mereka antara Inggris dan Amerika Utara. Mereka menginginkan keseimbangan bagi kedua keluarga yang diyakini sangat penting untuk tumbuh kembang anak mereka.

Diketahui, keduanya memang sangat mendambakan kehidupan pribadi yang tidak diganggu oleh publik. Mereka juga memiliki hubungan yang kurang baik dengan media. Dimulai dari kasus pada Oktober tahun lalu, di mana pasangan itu mengumumkan bahwa Meghan menggugat surat kabar Mail on Sunday, karena telah diduga menerbitkan surat pribadi kepada ayahnya secara ilegal. Selain itu, Harry juga mengungkapkan teguran pada pers tabloid Inggris karena telah membuat pemberitaan tidak baik tentang istrinya.

Alasan Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Kerajaan Inggris
source: https://www.simplemost.com/

Di sisi lain, anggota keluarga kerajaan sering dikritik karena tidak mengizinkan akses publik yang cukup. Padahal, mereka mendapatkan dana dari publik. Untuk menjawab itu, Duke dan Duchess of Sussex secara tegas mengatakan bahwa mereka akan mundur.