Benarkah Kuret Membuat Wanita Susah Hamil?

Moms, dalam istilah kedokteran, kuret dikenal dengan istilah dilatasi atau kuretasi dimana terjadinya tindakan pembedahan berupa pembersihan di dalam dinding rahim, sedangkan bagian yang dikuret yaitu lapisan yang menebal dikarenakan pembuahan ovum yang menjadi bantalan untuk janin atau dikenal dengan endometrium.

Jika Moms hingga saat ini belum hamil, mungkin hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor selain dari riwayat kuret sebelumnya, di antaranya adalah:

Kuret Bikin Susah Hamil? Ini Moms Tips Cepat Hamil Pasca Jalani Kuretasi
  • Aktivitas hormonal masih belum kembali normal pasca kuretase
  • Jaringan rahim masih dalam proses penyembuhan
  • Siklus menstruasi belum teratur, sehingga sulit menetapkan masa subur
  • Frekuensi hubungan seksual kurang sering
  • Stress atau ketegangan fisik maupun mental dari kedua pasangan
  • Masalah pada pria
  • Masalah pada organ reproduksi wanita (endometriosis, dll)
Pada umumnya rahim yang normal setelah melakukan operasi kuret berkisar antara 3-4 minggu, sedangkan untuk mengetahui kondisi rahim yang normal maka dapat diperhatikan dalam siklus datang bulan dan juga pendarahan yang semakin lama semakin sedikit dari pertama kalinya atau dapat juga memastikan menggunakan pemeriksaan menggunakan alat USG.

Tips Cepat Hamil Pasca Jalani Kuretasi

Nah, setelah menjalani kuretasi, jika Moms ingin cepat hamil, seperti dilansir Haibunda, Moms bisa mencoba beberapa tips cepat hamil pasca kuret berikut ini.

Mengonsumsi makanan tinggi asam folat
Asam folat membantu dalam produksi sel darah merah dan dalam perkembangan otak bayi. Jika asam folat dikonsumsi sebelum atau selama kehamilan, bisa mencegah cacat lahir pada bayi.

Mengonsumsi makanan sehat
Mengonsumsi makanan sehat sebelum hamil itu penting, Bunda. Konsumsilah makanan yang kaya asam lemak omega-3 untuk perkembangan otak bayi. Selain itu, tambahkan produk susu yang menyediakan protein dan kalsium. Diet kaya protein, vitamin, dan mineral sangat penting untuk kehamilan sehat.

Menjaga berat badan ideal
Kelebihan berat badan dapat menyebabkan komplikasi selama persalinan. Untuk itu, sebaiknya jaga berat badan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan menghindari makanan cepat saji. Jangan lupa olahraga setiap hari untuk mempersiapkan tubuh sebelum hamil.

Kuret Bikin Susah Hamil? Ini Moms Tips Cepat Hamil Pasca Jalani Kuretasi
source: https://www.haibunda.com/

Menjalani pola hidup sehat
Salah satu yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan peluang hamil adalah berhenti mengonsumsi alkohol dan merokok. Ubahlah kebiasaan ini dan ganti dengan makanan bergizi dan olahraga.

Berhubungan seks di masa subur
Kalau sudah menjaga pola hidup sehat, jangan lupa berhubungan seks dengan teratur. Menghabiskan waktu intim secara rutin bisa meningkatkan peluang terjadinya pembuahan. Terlebih jika melakukan hubungan seks pada masa subur.

Konsultasi ke dokter kandungan
Saat mencoba untuk hamil setelah keguguran dan kuret, Moms dan Dads harus bicara ke dokter spesialis. Konsultasikan dengan dokter yang kita percaya dan tanyakan peluang hamil.

Nah Moms, jika Moms ingin cepat hamil, coba ikuti tips cepat hamil pasca kuret yang sudah disebutkan tadi.