Memasuki trimester ketiga, tubuhmu akan semakin berubah. Perkembangan bayi akan membuat beberapa bagian tubuhmu, terutama perutmu, mengalami peningkatan ukuran hingga ke level maksimal. Pergerakkan bayimu juga akan lebih kuat dibanding trimester sebelumnya dan peningkatan massa tubuhnya yang signifikan akan membuat tubuhmu sulit menyeimbangkan pergerakkan. Tidak hanya itu, kamu juga akan mengalami sedikit kesulitan ketika bernafas.

Meski terlihat sangat tidak menyenangkan, Beautynesian tidak boleh berhenti berolahraga pada masa ini, karena olahraga akan mempermudah tubuhmu untuk menjalani proses persalinan yang semakin dekat. Untuk itu, sebaiknya Beautynesian tidak perlu ragu untuk melakukan 3 jenis olahraga ini karena telah terbukti aman dan bermanfaat bagi kemudahan persalinanmu!



Jalan Santai

Jalan santai merupakan olahraga yang sangat ringan dan mudah bagi ibu hamil. Ketika berjalan santai, Beautynesian perlu memperhatikan postur tubuh agar senantiasa tegak, dagu yang agak mendongak, dan pandangan mata yang lurus kedepan. Dengan berjalan santai, kamu bisa menjaga keseimbangan tubuhmu yang semakin berkurang sejak memasuki trimester ketiga.

Selain itu, jalan santai juga akan membantu meningkatkan stamina dan memperkuat otot panggul yang akan dibutuhkan selama proses melahirkan. Tidak hanya itu, jalan santai juga dapat memicu kontraksi dan menstimuli kelahiran bayi lebih cepat, sehingga sangat baik untuk dilakukan terutama pada mingu-mingu final masa kehamilan.
 

source: http://www.foxdiet.net/can-prepare-walking-pregnancy/
baca juga



Yoga

Melakukan gerakan yoga setiap harinya akan membantu mempersiapkan fisik dan mental sang ibu untuk melahirkan. Hal ini dikarenakan gerakan yoga untuk ibu hamil tua  dapat membuat sang ibu lebih memahami kebutuhan dan kemampuan tubuhnya yang tentunya akan sangat dibutuhkan ketika melakukan persalinan.

Untuk mempersiapkan diri agar mampu bernafas dengan baik selama proses kontraksi yang menyakitkan, Beautynesian dapat melakukan dan menahan gerakan Warrior II ini selama satu menit, setara dengan rentang waktu kontraksi. Sementara itu, untuk melatih tingkat toleransi terhadap rasa sakit ketika melahirkan, kamu dapat melakukan gerakan Thai Goddess, yaitu duduk bersujud dengan ujung jari kaki yang menekan lantai. Kemudian bernafas dengan teratur dan tahan rasa sakit pada jari-jari kakimu selama 10 detik sebelum kembali pada posisi duduk normal.
 

source: http://www.livestrong.com/article/332706-yoga-poses-avoid-during-pregnancy/

Warrior II

Thai Goddess, image source : https://www.youtube.com/watch?v=FDV1DF45Of0

baca juga



Berenang

Berenang dapat menjadi terapi bagi ibu hamil yang merasakan sakit dan pegal pada sejumlah bagian tubuh, apalagi pada masa trimester ketiga. Selain itu, berenang juga dapat mengurangi rasa letih pada pinggang, punggung, dan lengan, serta mencegah peningkatan suhu tubuh yang terlalu tinggi, sehingga dapat membuat ibu hamil merasa lebih segar dan bertenaga meski beban tubuhnya semakin meningkat.
 

source: http://www.webmd.com/baby/ss/slideshow-pregnancy-fitness-moves

Well, itulah beberapa olahraga yang aman untuk dilakukan pada masa akhir kehamilan. Good luck!