Kenaikan Berat Badan Selama 9 Bulan

Sebenarnya kenaikan berat badan selama hamil itu berbeda-beda pada setiap ibu. Ada beberapa faktor yang memengaruhinya, yaitu berat badan ibu sebelum hamil, indeks massa tubuh dan kondisi kesehatan janin. Tapi, ada panduan untuk menghitung pertambahan berat badan selama hamil yaitu terjadi kenaikan sebanyak: 

12,5-18 kg : untuk ibu yang berat badannya kurang sebelum hamil (underweight).
11,5-16 kg : untuk yang berat badan normal.
7-11,5 kg: untuk yang kelebihan berat badan (overweight). 
5-9 kg: untuk yang obesitas. 
 

Kenaikan Berat Badan Selama 9 Bulan
source: http://www.miriamstoppard.com

Apabila kamu mengandung bayi kembar, lain lagi panduannya. Ibu dengan kehamilan kembar umumnya mengalami kenaikan berat badan lebih tinggi dibandingkan kehamilan biasa, yakni naik sekitar: 

22,5-28 kg : underweight
16,5-24.5 kg : normal
14-22,5 kg : overweight
11,5-19 kg : obesitas
 

baca juga

Pertambahan Berat Badan Tiap Trimester Kehamilan

Trimester I 

Pada trimester I, berat badan ibu senaiknya naik sekitar 0,7 kg setiap bulannya. Untuk membantumu memperoleh berat badan ideal, maka konsumsilah makanan lebih dari 150-200 kalori per hari. Total kalori itu didapatkan dari 3 kali makan besar yang diselingi 2 kali camilan. 
 
Pertambahan Berat Badan Tiap Trimester Kehamilan
source: https://specialty.mims.com


 

Trimester II

Sementara di trimester kedua, kenaikan berat badanmu harus naik sedikitnya 0,5 kg setiap minggu. Jadi, kalau ditotal terjadi pertambahan sekitar 5,5-6kg dalam tiga bulan. Asupan kalori yang kamu konsumsi juga perlu bertambah, yaitu sekitar 300 kalori per hari. Jangan lupa perbanyak konsumsi sayur dan buah ya, Moms untuk mendukung pertumbuhan janin dalam kandunganmu. 
 

Trimester II
source: https://www.healthymummy.com


 

baca juga

Trimester III

Selama trimester ketiga kehamilan, pertambahan beratmu setidaknya mencapai kurang lebih 0,5 kg. Namun biasanya di akhir-akhir kehamilan kenaikan berat badan cenderung melambat. Pokoknya total berat badan yang wajib dicapai selama trimester ketiga ini adalah 4,5-6 kg. Kamu membutuhkan sekitar 300-450 kalori setiap hari untuk mencapai berat badan ideal ini. 
 

Trimester III
source: http://www.kidspot.com.au