1. Pengurangan Nafsu Makan

Saat ajal semakin dekat, biasanya orang yang akan meninggal akan mengalami penurunan nafsu makan. Penurunan nafsu makan ini dapat menjadi tanda penurunan kinerja tubuh seseorang. Biasanya mereka akan berhenti makan atau penurunan keinginan makan yang berangsur-angsur.

5 Kondisi Kesehatan yang Dipercaya Jadi Pertanda Ajal Sudah Dekat
source: https://www.aplaceformom.com/

2. Perubahan Tanda-Tanda Vital

Selain itu, tanda-tanda vital akan juga akan mengalami perubahan. Beberapa diantaranya adalah tekanan darah yang menurun, perubahan nafas, detak jantung yang perlahan berubah dan tidak teratur, hingga warna urin yang berubah menjadi kuning gelap kecoklatan. Perubahan warna urin ini disebabkan oleh ginjal sudah tak lagi berfungsi normal.

3. Muncul Gejala Kebingungan

Saat seseorang mendekati ajal, mereka akan sering merasa kebingungan dengan fungsi otak yang tak lagi koheren. Hal ini dapat ditandai dengan berkurangnya kemampuan mengingat hingga kemampuan bicara yang juga mulai tidak sebaik itu. Selain itu, orang yang sudah mulai mendekati ajal juga kerap kali mengulangi kata-kata yang sama. 

5 Kondisi Kesehatan yang Dipercaya Jadi Pertanda Ajal Sudah Dekat
source: https://www.mapleleafchirotempe.com/

4. Nafas yang Berubah-Ubah

Seseorang yang akan segera menemui ajalnya kerap tampak kesulitan bernafas. Mereka cenderung memiliki pola nafas yang berubah-ubah dan terengah-engah. Bahkan tidak jarang mereka akan berhenti di antara hela nafas. Jika kondisi ini semakin serius dan sering terjadi, pastikan Mommy segera membawanya menemui dokter untuk diperiksa.

baca juga

5. Kecenderungan Berhalusinasi

Terakhir, orang yang akan meninggal juga kerap berhalusinasi. Mereka mungkin akan bercerita bahwa mereka bertemu dengan orang atau kerabat yang sudah meninggal. Mereka juga tampak sering berbicara dengan orang yang sebenarnya tidak ada. 

5 Kondisi Kesehatan yang Dipercaya Jadi Pertanda Ajal Sudah Dekat
source: https://www.belmarrahealth.com/

Itulah beberapa tanda yang kerap muncul pada orang yang akan meninggal. Bagaimana pun ajal memang tidak bisa dihindarkan. Pastikan kita selalu siap untuk menerima kapan pun ajal memanggil.