Cuka Apel untuk Atasi Jerawat

Cuka apel memang mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian, cuka apel dapat memberikan efek pada penurunan kadar gula darah, penurunan berat badan, hingga mengurangi risiko kanker. Namun, tidak berhenti sampai di situ, cuka apel juga punya banyak manfaat untuk dunia kecantikan, salah satunya adalah untuk mengempiskan jerawat di wajah.

Atasi Jerawat dengan Cuka Apel Gak Boleh Asal, Ini Moms Cara Tepat Memakainya!
source: https://www.bulletproof.com/

Melansir dari WolipopDetik, cuka apel memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri yang tinggi. Selain itu, kombinasi dari kandungan asam asetat, sitrat, laktat dan suksinat juga sangat efektif untuk membunuh bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat yaitu, Propionibacterium acnes.

Selain itu, Rajani Katta MD, asisten dosen di Fakultas Kedokteran Baylor College of Medicine, juga mengatakan bahwa asam asetat dalam cuka apel dapat bekerja untuk memecahkan keratin yang menyumbat pori-pori wajah dan menyebabkan jerawat.

Atasi Jerawat dengan Cuka Apel Gak Boleh Asal, Ini Moms Cara Tepat Memakainya!
source: https://www.cnn.com/

Cuka apel juga dikatakan memiliki kandungan asam alfa hidroksi yang berperan dalam mempercepat pengelupasan kulit. Kandungan ini juga akan memperbaiki tekstur kulit dan menyerap minyak sehingga mempercepat proses pengeringan sehingga bekas jerawat akan teratasi dengan lebih baik. 

baca juga

Cara Menggunakan Cuka Apel untuk Atasi Jerawat

Nah, jika Mommy tertarik untuk mencoba, berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan cuka apel untuk mengatasi jerawat:

  1. Siapkan wadah, kemudian campur cuka apel dan air dengan jumlah perbandingan 1:3. Apabila Mommy memiliki kulit yang sensitif, tambahkan lebih banyak air.
  2. Kemudian, bersihkan wajah dengan pembersih wajah dan keringkan.
  3. Setelah itu, gunakan kapas untuk mengaplikasikan cuka apel yang telah dicairkan pada bagian yang berjerawat.
  4. Diamkan selama sekitar 5-10 detik. Setelah itu segera bilas dengan air dan kembali keringkan.
  5. Lakukan proses ini sekitar 1-2 kali sehari.
Atasi Jerawat dengan Cuka Apel Gak Boleh Asal, Ini Moms Cara Tepat Memakainya!
source: https://www.powerofpositivity.com/

Untuk Mommy yang memiliki kulit sensitif atau memiliki luka terbuka karena jerawat jangan gunakan cuka apel. Hal ini disebabkan karena kadar pH yang sangat rendah dapat menyebabkan iritasi serta ruam kemerahan.