Melansir dari DetikHealth, Dr Anthony Youn, seorang ahli bedah kosmetik asal, Michigan memaparkan 8 ciri wajah hasil operasi plastik. 

1. Bekas Luka di Telinga
Salah satu tanda operasi plastik yang pasti ada adalah bekas luka di telinganya. Perlu diketahui, tak ada operasi plastik wajah yang tidak meninggalkan bekas luka pada bagian telinga. Terkadang, tanda ini terlihat dari adanya transisi kulit di telinga yang terlihat jelas. Selain itu, ini mungkin tampak dari keberadaan kulit menebal seperti bekas luka.

8 Ciri Wajah Hasil Operasi Plastik, Kenali Perbedannya dengan yang Asli!
source: https://www.cbsnews.com/

2. Wajah Terkesan Lebih Tegas dan Galak
Bentuk alis dan tulang pipi biasanya akan membentuk ekspresi wajah seseorang. Nah, wajah hasil operasi plastik biasanya akan mengencangkan semua bagian itu sehingga wajah seseorang akan terlihat lebih tegas dan galak. Ini juga disebabkan oleh suntikan botox pada bagian dahi dan atas alis.

3. Kulit Kencang Lebih Lama
Dr. Youn juga mengatakan bahwa pada umumnya, memasuki usia 60an, hampir semua orang akan mendapati kulit mereka mengendur. Namun, jika ini tidak terjadi dengan tampilan kulit yang selalu terlihat kencang, itu mungkin artinya ia sudah melakukan operasi plastik. 

8 Ciri Wajah Hasil Operasi Plastik, Kenali Perbedannya dengan yang Asli!
source: https://www.pinterest.com/

4. Tampak Ada Kismis di Dekat Telinga
Saat melakukan prosedur operasi face lift (pengencangan wajah), para ahli bedah biasanya akan melepaskan daun telinga dari wajah kemudian menarik bagian kulit hingga kencang. Barulah kemudian mereka memasang kembali daun telinga. Apabila tidak sempurna, akan tampak seperti kerutan yang membentuk kismis di dekat telinga.

baca juga

5. Wajah Terlihat Bengkak
Tanda yang ini memang tidak selalu muncul dan dialami orang yang melakukan operasi plastik. Namun, sebagian orang akan memperlihatkan kulit yang terkesan labih bengkak seakan-akan terisi dengan angin. Kasus seperti ini disebabkan oleh suntikan lemak yang terlalu banyak.

8 Ciri Wajah Hasil Operasi Plastik, Kenali Perbedannya dengan yang Asli!
source: https://www.drdavidrosenberg.com/

6. Hidung Tampak Seperti Hidung Kelinci
Orang yang melakukan operasi plastik biasanya akan memiliki hidung yang seperti hidung kelinci saat tersenyum. Hal ini biasanya terjadi akibat prosedur penyuntikan botox ke bagian jembatan di hidung. 

7. Leher Tetap Kencang
Dr. Youn juga mengatakan bahwa orang-orang yang telah memasuki usia 50 biasanya akan mendapati kulitnya mengendur seperti leher ayam kalkun. Namun, kondisi ini tidak akan terjadi pada orang yang telah melakukan prosedur operasi plastik. 

8 Ciri Wajah Hasil Operasi Plastik, Kenali Perbedannya dengan yang Asli!
source: https://www.newbeauty.com/

8. Bibir Atas yang Lebih Tebal dan Berisi
Dr. Youn juga menyatakan bahwa pada umumnya bibir bawah seseorang memiliki ukuran lebih besar 50 persen jika dibandingkan dengan bibir atasnya. Akan tetapi, jika bibir atas tampak lebih besar, bisa jadi ia telah menyuntikkan silikon pada bibirnya tersebut.