Melansir dari Haibunda, ada banyak hal yang akan terjadi usia kehamilan 4 minggu. Salah satu yang paling signifikan adalah perubahan sel kecil di rahim menjadi embrio. Embrio janin di usia kandungan ini masih sangat kecil, tetapi ada banyak hal yang terjadi pada embrio kecil ini. 

Ciri Hamil 4 Minggu, Ini yang Terjadi Pada Moms dan Janin
source: https://www.immediate.co.uk/

Di usia kandungan 4 minggu, terdapat dua lapisan sel yang berkembang dalam embrio. Lapisan yang pertama adalah Epiblas, yaitu lapisan yang akan membentuk seluruh tubuh bayi. Lapisan yang kedua adalah Hipoblas, yaitu lapisan sel sementara yang bertugas mendukung perkembangan dan pertumbuhan embrio.

Kemudian, di usia ini embrio sudah dikelilingi dengan kantung ketuban. Kantung ketuban ini terisi dengan dengan cairan yang bertugas melindunginya. Selain itu, perkembangan plasenta juga sudah terjadi pada masa ini di mana plasenta juga memiliki dua lapisan seperti embrio. Sebagian sel menyediakan asupan oksigen dari sistem peredaran darah. Sedangkan sel-sel lain dari jaringan plasenta itu akan memproduksi hormon human chorionic gonadotrophin (hCG), yang merupakan hormon untuk menghentikan menstruasi dan memberikan hasil positif pada uji kehamilan. 

Ciri Hamil 4 Minggu, Ini yang Terjadi Pada Moms dan Janin
source: https://windowtothewomb.co.uk/

Tidak hanya perkembangan dalam kandungan, Mommy juga akan mengalami banyak gejala dan pertanda di usia kandungan ini. Sebagian dari para ibu mungkin masih belum menyadari kehamilan pada minggu ke-4 kandungan. Namun, beberapa tanda berikut ini akan Mommy rasakan di 4 minggu usia kandungan:

  • nyeri pada payudara,
  • sakit kepala,
  • nyeri punggung bawah,
  • dan mual muntah(morning sickness)
  • flek darah karena implantasi embrio
baca juga

Itulah beberapa fakta seputar perubahan yang akan dialami ibu dan janin di usia kandungan 4 minggu. Pastikan Mommy selalu menjaga kesehatan diri guna menguatkan kandungan yang cenderung masih rentan pada usia ini. Beberapa hal yang bisa Mommy lakukan antara lain:

  1. Menghindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.
  2. Perbanyak makanan sehat, seperti makanan berprotein, kaya serat, dan penuh dengan vitamin dan mineral.
  3. Mengonsumsi vitamin dan suplemen kehamilan.
  4. Memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan arahan lebih lanjut pada kondisi-kondisi tertentu.
Ciri Hamil 4 Minggu, Ini yang Terjadi Pada Moms dan Janin
source: https://www.drsherry.com/

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!