1. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Kendalikan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Makanan Fermentasi Untuk Tubuh

Makanan fermentasi sangat kaya akan kandungan probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik yang dihasilkan dari proses fermentasi yang menyumbangkan rasa asam dan bau yang khas pada setiap makanan fermentasi. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, probiotik sangat baik bagi kesehatan sistem pencernaan karena dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik yang ada pada usus sehingga dapat mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti konstipasi, perut kembung dan diare.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kendalikan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Makanan Fermentasi Untuk Tubuh

Bakteri baik yang hidup dalam sistem pencernaan secara signifikan dapat memberikan efek yang baik untuk sistem daya tahan tubuh.Tingginya kandungan probiotik pada makanan fermentasi dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan mengurangi risiko terkena infeksi seperti flu dan batuk. Tak hanya itu, mengonsumsi makanan tinggi probiotik juga dapat membantu proses pemulihan lebih cepat pasca sakit. Bahkan, beberapa makanan fermentasi sangat kaya akan vitamin C, zat besi hingga zinc yang mana 3 nutrisi tersebut sangat berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

baca juga

3. Membantu Tubuh Menyerap Nutrisi Lebih Optimal

Kendalikan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Makanan Fermentasi Untuk Tubuh

Mikroorganisme yang membantu proses fermentasi membuat nutrisi-nutrisi yang berasal dari makanan menjadi mudah terurai, sehingga membuatnya semakin mudah untuk dicerna dibandingkan dengan makanan yang bukan hasil fermentasi. Contoh paling mudah adalah laktosa yang terdapat pada susu. Saat bentuknya utuh, tubuh memerlukan waktu dan energi yang cukup besar untuk mencerna laktosa menjadi gula.

Berbeda saat susu sudah difermentasi menjadi yogurt atau keju, nutrisi-nutrisi yang terkandung didalamnya sudah menjadi bagian kecil sehingga sangat mudah untuk dicerna usus terutama bagi mereka yang memiliki alergi terhadap laktosa.

4. Mengendalikan Berat Badan Ideal

Kendalikan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Makanan Fermentasi Untuk Tubuh

Pernahkah Moms bertanya-tanya mengapa wanita Korea memiliki tubuh yang ideal? Ternyata, salah satu kunci rahasianya adalah karena wanita Korea selalu menambahkan makanan fermentasi disetiap waktu makannya. Sebut saja kimchi, acar lobak, acar timun dan lain-lain yang menjadikan hampir 50% komposisi makanannya adalah serat. Tak hanya membantu mengendalikan berat badan, makanan fermentasi juga membuat kulit wanita Korea terlihat lembut dan berseri-seri.

baca juga

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kendalikan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Makanan Fermentasi Untuk Tubuh

Makanan fermentasi juga erat kaitannya dengan penurunan risiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan oleh kandungan probiotik pada makanan fermentasi dapat mengurangi tekanan darah serta dapat menurunkan kolesterol jahat secara keseluruhan.
 
Nah, itu dia beberapa manfaat dari makanan fermentasi. Sekarang sudah tak heran dong kenapa pada setiap makanan Korea selalu ada setidaknya satu jenis makanan fermentasi. Namun perlu diingat, tidak semua makanan fermentasi baik untuk dikonsumsi setiap saat mengingat ada banyak sekali makanan fermentasi yang mengandung gula, garam dan lemak yang tinggi. Semoga bermanfaat!