1. Buah Citrus

Cegah Sakit, Ini Daftar 10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Siapa sih yang tidak tahu manfaat vitamin C untuk daya tahan tubuh? Dalam kehidupan sehari-hari pun, kebanyakan orang sudah sangat familiar untuk mengkonsumsi vitamin C setelah terkena penyakit flu dan batuk. Ternyata, vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih, di mana pada kadar yang normal sel darah putih ini dapat melawan bakteri-bakteri yang akan menyerang tubuh sehingga daya tahan tubuh menjadi kebal terhadap bakteri maupun virus penyakit.

Ada banyak jenis buah citrus yang bisa Moms konsumsi, diantaranya jeruk mandarin, lemon, jeruk nipis hingga jeruk bali.

2. Pepaya

Cegah Sakit, Ini Daftar 10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain dapat digunakan untuk program penurunan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi, ternyata buah pepaya juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut pakar kesehatan dari Itali, dalam satu buah pepaya mengandung lebih dari 200% kebutuhan vitamin C harian. Tak heran, buah pepaya ini sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan baik untuk kesehatan kulit.

baca juga

3. Kiwi

Cegah Sakit, Ini Daftar 10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain buah citrus dan pepaya, kiwi juga merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik. Faktanya, dalam 1 cup buah kiwi setidaknya mengandung 27,3% dari kebutuhan vitamin C harian. Bahkan, lebih tinggi dibandingkan buah pepaya. Tak hanya vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh, kiwi juga mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah kanker.

4. Greek Yogurt

Cegah Sakit, Ini Daftar 10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Yogurt merupakan salah satu makanan fermentasi yang tinggi akan kandungan probiotik atau bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Bakteri baik yang hidup dalam sistem pencernaan secara signifikan dapat memberikan efek yang baik untuk sistem daya tahan tubuh.Tingginya kandungan probiotik pada yogurt dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan mengurangi risiko terkena infeksi seperti flu dan batuk. Tak hanya itu, mengkonsumsi makanan tinggi probiotik juga dapat membantu proses pemulihan lebih cepat pasca sakit.

baca juga

5. Lada

Cegah Sakit, Ini Daftar 10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat Moms sudah merasa kurang enak badan, tentunya makanan yang hangat seperti sup menjadi andalan. Namun, sup hangat akan kurang rasanya tanpa tambahan lada. Ternyata, selain dapat menghangatkan badan, lada juga berperan sebagai anti peradangan terutama untuk sistem pernafasan, antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mendukung kesehatan sistem pencernaan.

6. Teh Hijau

Cegah Sakit, Ini Daftar 10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan jenis flavonoid yang terkandung dalam teh hijau sangat ampuh untuk melawan radikal bebas. Biasanya, radikal bebas sangat mudah sekali menghinggapi tubuh terutama bagi mereka yang sangat aktif di luar ruangan dan sering bersentuhan dengan polusi. Radikal bebas dikenal berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker. Tak hanya untuk melawan radikal bebas, ternyata teh hijau juga dapat mengatasi masalah peradangan, menyehatkan jantung, meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan metabolisme yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Bawang Putih

Cegah Sakit, Ini Daftar 10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Setuju dong kalau bawang putih merupakan salah satu bumbu yang wajib dalam masakan? Masakan tanpa bawang putih tentunya kurang nikmat dan kurang nendang rasanya. Ya, meskipun bawang putih merupakan bumbu paling dasar dan hampir ditemui disetiap masakan, ternyata bawang putih ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Menurut National Center for Complementary and Intergrative Health, bawang putih bisa membantu menurunkan tekanan darah, dan secara perlahan dapat meningkatkan kekuatan arteri. Bawang putih juga sangat baik untuk daya tahan tubuh dilihat dari tingginya kandungan sulfur yang disebut allicin.

8. Paprika

Cegah Sakit, Ini Daftar 10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Tidak terlalu suka buah-buahan yang asam? Tenang, Moms bisa memilih alternatif lain selain buah citrus untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. Ya, paprika! Salah satu jenis cabai yang sering kita temukan dalam makanan western ini ternyata mengandung vitamin C dua kali lebih tinggi dibanding buah citrus. Tak hanya itu, paprika juga kaya akan beta karoten yang baik untuk kesehatan mata dan kulit. Tak heran, paprika juga menjadi makanan andalan untuk mereka yang ingin terlihat awet muda dari dalam.

9. Jahe

Cegah Sakit, Ini Daftar 10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Wedang jahe, wedang ronde, dan bandrek merupakan salah satu contoh minuman khas Indonesia yang mengandung jahe di dalamnya. Konon, jahe sudah digunakan sejak zaman nenek moyang untuk menghangatkan badan hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Zat aktif yang terdapat pada jahe memiliki sifat yang hampir sama dengan capsaicin yang biasa ditemukan pada cabai sehingga dapat menghangatkan dan menyegarkan tubuh. Ternyata, jahe dapat membantu mengurangi peradangan, mengatasi masalah ketidayamanan pada perut, hingga menurunkan kolesterol.

10. Kunyit

Cegah Sakit, Ini Daftar 10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain jahe, kunyit juga merupakan salah satu jenis rempah yang sudah digunakan sebagai obat sejak zaman nenek moyang dulu. Tak heran, ada banyak sekali jenis jamu asli Indonesia yang menggunakan kunyit sebagai bahan utamanya. Ternyata, kunyit memiliki banyak khasiat seperti anti peradangan, mencegah risiko kerusakan otot, merawat kesehatan kulit, mengatasi masalah lambung hingga bantu menjaga daya tahan tubuh.