Metode Tidur ala Pilot AS

Metode tidur cepat yang dibicarakan netizen tersebut adalah metode tidur yang umum digunakan oleh pilot-pilot penerbangan Amerika Serikat. Dilansir dari HealthDetik, metode ini digaungkan oleh Sharon Ackerman. Mulanya berasal dari buku yang berjudul, "Relax and Win : Performance Championship". Menurut Ackerman, metode ini berhasil membantu pilot tertidur pulas. Metode ini diajarkan ke Sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut AS yang dapat membuat pilot tertidur hanya dalam waktu 2 menit atau bahkan kurang.
Metode Tidur ala Pilot AS
source: http://www.shutterstock.com
Metode tidur pulas ini dapat diterapkan oleh siapa saja. Meskipun butuh latihan hingga 6 minggu, namun metode ini terbilang ampuh. Walau badan tidak terasa lelah, habis meminum kopi, dengan metode ini, seseorang akan tertidur pulas hanya dengan waktu 2 menit.
Lalu, seperti apa trik tertidur pulas hanya dalam waktu 2 menit tersebut? Simak di bawah ini, dilansir dari Health Line:
  1. Buat wajah menjadi relaks terutama otot-otot sekitar mulut
  2. Buat bahu menjadi santai dan lepaskan semua ketegangan yang ada
  3. Biarkan tangan jatuh ke sisi tubuh
  4. Tarik lalu buang nafas
  5. Relakskan dada, kaki, paha dan betis
  6. Jernihkan pikiran selama 10 detik
  7. Bayangkan suasana santai 
  8. Bila belum jernih pikiran, coba ucapkan kata 'jangan berpikir' dalam hati berulang-ulang selama 10 menit
  9. Dalam waktu 2 menit atau kurang, sudah tertidur.
Metode Tidur ala Pilot AS
source: https://health.detik.com/
baca juga

Manfaat tidur pulas

Banyak orang yang menyepelekan tidur. Padahal tidur adalah salah satu kunci penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih bugar saat bangun, tidur yang nyenyak dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya. Berikut adalah manfaat dari tidur pulas:
  • Menjaga kekebalan tubuh. Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh rentan terkena penyakit. Sebab tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup guna membangun imun terhadap virus dan bakteri.
  • Tubuh lebih sehat. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, organ tubuh juga dapat bekerja maksimal. Sehingga risiko terkena penyakit rendah.
  • Daya kerja otak meningkat. Pikiran juga perlu diistirahatkan. Jika tidur dipenuhi selama 7-8 jam, maka daya kerja otak dapat meningkat karena pikiran lebih jernih dan tidak capai.
  • Menjaga berat bedan. Tidur yang cukup juga memberikan waktu bagi lambung dan saluran pencernaan bekerja optimal. Bila kurang tidur, berat badan dapat melonjak sebab ada keinginan untuk 'ngemil' di malam hari.
Manfaat tidur pulas
source: http://www.shutterstock.com
Selain menjadi lebih bugar saat bangun, memiliki jam tidur yang teratur membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat, loh. Umumnya, orang dewasa membutuhkan 7-8 jam untuk tidur.

Nah, itu dia trik tidur pulas hanya dengan waktu 2 menit. Cukup mudah bukan? Tertarik mencobanya, Moms?