Tips Mengolah Daging Ayam Kampung Agar Empuk

Ayam kampung merupakan salah satu jenis ayam yang banyak ditemukan di Indonesia. Terutama di tanah Jawa. Berbeda dengan ayam peternak atau sejenisnya, ayam kampung memiliki citarasa daging yang lebih gurih dan lebih sehat moms. Cita rasa tersebut dapat dinikmati jika daging yang diolah empuk dan nikmat. Namun sayangnya, sebagian orang kurang lihai dalam mengolah daging ayam kampung, alhasil daging ayam kampung terasa alot dan keras.

Tips Mengolah Daging Ayam Kampung Agar Empuk

Nah moms, berikut terdapat beberapa tips untuk mengolah daging ayam kampung agar terasa empuk. Selain mudah moms juga bisa mencobanya lho. Simak baik-baik ya moms!

Pilih Ayam yang Lebih Muda

Tahap pertama sebelum memasak daging ayam adalah memilih daging ayam kampung yang tepat. Adapun untuk mendapatkan daging yang empuk, moms perlu memilih jenis ayam kampung yang lebih muda. Karena daging yang dihasilkan lebih empuk daripada ayam kampung yang sudah tua. Moms bisa menanyakan hal ini pada penjual ayam, tentunya mereka lebih mengetahui ayam mana yang usianya lebih muda dan lebih tua. Selanjutnya moms siap eksekusi daging ayam kampung tersebut.

Pilih Ayam yang Lebih Muda
baca juga

Rebus dengan Air Kelapa

Setelah menentukan dan memilih daging ayam yang akan dimasak, moms perlu menyiapkan air kelapa untuk merebusnya. Agar daging yang dihasilkan empuk dan mudah untuk diolah moms hanya perlu menggantikan air yang akan digunakan untuk merebus dengan air kelapa. Selain mendapatkan daging ayam yang empuk dan lunak, air kelapa juga mampu menambah cita rasa daging ayam kampung tersebut moms.
Rebus dengan Air Kelapa

Potongan Tebu

Selain menggunakan air kelapa, moms juga bisa menggunakan potongan tebu ketika merebus daging ayam kampung. Caranya pun sangat mudah, ketika ayam sedang direbus dengan air, masukkan beberapa batang tebu yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam rebusan air tersebut moms. Hal ini tidak mengubah rasa daging tersebut, tetapi malah menjadikannya lunak dan empuk. Tentunya akan mempermudah mommies untuk mengolahnya bukan?

Potongan Tebu
baca juga

Pepaya Muda

Jika tidak menemukan bahan diatas moms bisa menggunakan papaya muda. Ternyata tidak hanya daunnya yang mampu menjadikan empuk daging sapi atau kambing, buahnya yang muda pun bermanfaat untuk membuat daging ayam kampung menjadi lebih lunak. Caranya sangat mudah moms, sebagaimana potongan tebu, moms hanya perlu menambahkan potongan buah papaya ke dalam rebusan air daging ayam tersebut. Jangan lupa dikupas dan dicuci dulu ya moms, untuk menjaga kebersihan.

Pepaya Muda

Potongan papaya muda tersebut tidak mempengaruhi citarasa daging yang dihasilkan, tetapi membantu menjadikan daging ayam kampung lebih empuk seperti yang kamu inginkan moms.

Direndam dengan Bumbu

Tips selanjutnya adalah dengan merendam potongan daging ayam kampung ke dalam air bumbu. Hal ini bisa digunakan jika ayam kampung tersebut akan dibakar atau digoreng. Selain untuk menjadikan daging tersebut terasa empuk, bumbu yang telah diramu pun akan meresap dan menjadikan masakan terasa sedap moms. Selamat mencoba!

Direndam dengan Bumbu