Merebus mi instan dengan bungkusnya

Dilansir dari DetikHealth, netizen dikagetkan dengan video viral yang diunggah di Twitter. Dalam video tersebut, terlihat seseorang yang mengangkat mie beserta plastik yang membungkusnya. Diketahui, mie tersebut direbus bersama dengan plastik pembungkusnya. Adalah seorang penjual bakso yang merebus 2 mi instan beserta bungkusnya. Aksi merebus mi beserta bungkusnya ini perlu diwaspadai. Sebab dapat berbahaya bagi kesehatan.
Merebus mi instan dengan bungkusnya
source: https://health.detik.com/

Berbahaya bagi pencernaan

Menanggapi video tersebut, dr Agi Satria, dari RS Cipto Mangunkusumo menyebutkan bahwa memasak mie instan bersama dengan bungkusnya dapat berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi saluran pencernaan.

"Jika plastiknya ada yang termakan kan berbahaya, plastik itu dihancurkannya kan tidak bisa maksimal," ucapnya.

Plastik pada dasarnya tidak diperuntukkan untuk dikonsumsi. Sehingga sangat berbahaya bagi tubuh terutama bagi saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan plastik tidak dapat dicerna dengan baik oleh organ pencernaan. Apabila plastik ini tidak sengaja dikonsumsi dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pencernaan.

"Karena dari lambung masuk ke usus dua belas jari itu kan dia sempit lubangnya, bisa juga itu nanti yang menyebabkan gangguan pencernaan," tutup dr. Agi.
Berbahaya bagi pencernaan
source: http://www.shutterstock.com
baca juga

Bahaya memasak mie beserta bungkusnya

Semua yang viral di media sosial belum tentu baik untuk diikuti atau dicontoh. Salah satunya ini, memasak mie beserta bungkusnya. Tidak ada kaitan dengan rasa mie jika direbus bersamaan dengan bungkusnya. Justru dengan merebus plastik pembungkusnya dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang berujung dengan penyakit kronis.

Apa saja bahaya memasak mie beserta bungkusnya?

1. Gangguan pencernaan

Sesuai yang dijelaskan di atas, plastik tidak dapat dicerna dan tidak dapat terurai secara maksimal, bahkan oleh organ pencernaan manusia. Bila dikonsumsi, partikel plastik dapat melukai organ pencernaan seperti lambung dan usus. Ada kemungkinan partikel plastik ini menyumbat jalannya pencernaan, sehingga proses pencernaan tidak berjalan dengan lancar.
1. Gangguan pencernaan
source: http://www.istockphoto.com
baca juga

2. Gangguan hormon

Plastik mengandung senyawa yang disebut ester phthalate. Senyawa ini berfungsi untuk melenturkan plastik sehingga mudah dibentuk sesuai keinginan. Senyawa ini beracun bila dikonsumsi manusia. Bila plastik ini tidak sengaja dikonsumsi, senyawa ester phthalate ini dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam jangka waktu yang lama.

2. Gangguan hormon
source: http://www.istockphoto.com

3. Picu kanker

Plastik pembungkus mie didesain dengan apik dan menarik. Selain menampilkan tulisan, pada plastik pembungkus mie juga ditampilkan gambar-gambar yang ciamik. Adanya tinta atau pewarna pada plastik ini juga merupakan senyawa yang beracun. Bila tidak dikonsumsi, senyawa ini aman digunakan sebagai pewarna. Namun, bila dikonsumsi manusia, senyawa 'azo' ini beracun bagi manusia dan berbahaya. Bahkan, senyawa ini dapat memicu sel kanker dalam tubuh.
3. Picu kanker
source: http://www.istockphoto.com/man_at_mouse

Walau secara tidak sengaja mengonsumsi mie beserta plastiknya dan tidak terjadi apa-apa, bukan berarti aksi tersebut tidak berbahaya. Efek dari mengonsumsi mie beserta plastiknya baru terlihat 2 hingga 5 tahun ke depan ditandai dengan gangguan pencernaan.

Peneliti LIPI, Andreas, menyebutkan bila plastiknya tahan panas, tetap saja zat kimia yang toksik dapat bermigrasi. Zat toksik inilah yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan, dilansir dari HealthDetik.

3. Picu kanker
source: https://health.detik.com/
Jadi, sebaiknya cukup merebus mie saja tanpa pembungkusnya ya. Atau ikuti petunjuk sesuai dengan keterangan yang tertera. Jangan meniru yang tidak baik ya, Moms!