Melansir dari WorldofBuzz, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan di Taiwan menyatakan bahwa pada tahun 2014 kanker payudara telah menjadi penyakit dengan kasus tertinggi yang menyerang wanita. Diketahui tercatat lebih dari 10.000 pasien kanker payudara hanya dalam periode satu tahun. Selain itu, Direktur Pusat Kanker Payudara di Rumah Sakit Memorial Shin Kong Wu Ho-Su, Zheng, mengatakan bahwa orang Taiwan diketahui mengalami kanker payudara setelah menopause atau sebelum usia 40 tahun.

Duh, Membungkus Makanan Panas dengan Plastik Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?
source: https://tunza.eco-generation.org/

Kasus kanker payudara pada mereka yang belum memasuki usia 40 tahun dicurigai diakibatkan oleh kebiasaan tidak sehat. Salah satu penyebab utamanya adalah karena kebiasaan mengonsumsi makanan yang disimpan dalam kantong plastik. Kebiasaan ini tidak hanya dimiliki oleh orang Taiwan, tetapi juga orang Indonesia. 

Mengonsumsi makanan yang dibungkus dengan plastik saat panas dapat membuat makanan menjadi berbahaya untuk dikonsumsi. Ini disebabkan karena panas dari makanan di kantong plastik dapat menyebabkan pelepasan bahan kimia berbahaya yang diserap oleh makanan yang akhirnya dikonsumsi.

Duh, Membungkus Makanan Panas dengan Plastik Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?
source: https://www.ursulasweeklywanders.com/

Ketahui juga bahwa ada peringatan tentang penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini harus diketahui khususnya oleh para orangtua agar lebih cermat dalam mencari tahu apakah bahan kimia dalam plastik berbahaya untuk digunakan. Salah satu bahan kimia yang memprihatinkan adalah Bisphenol A (BPA). BPA ini merupakan estrogen sintetik yang dapat mengganggu hormon tubuh serta memicu pertumbuhan sel kanker payudara.

baca juga

Selain kebiasaan membungkus makanan panas dengan plastik, kebiasaan orang Asia menggunakan tabir surya juga dapat mengurangi paparan vitamin D harian. Padahal, vitamin D memiliki sifat anti tumor yang penting untuk mencegah perkembangan kanker. Untuk itu, Zheng menganjurkan paparan sinar matahari setidaknya 15 menit.

Duh, Membungkus Makanan Panas dengan Plastik Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?
source: https://www.picclickimg.com/

Zheng juga menambahkan bahwa sangat penting para wanita agar selalu melakukan pemeriksaan sendiri pada payudara setiap bulannya. Hal ini juga dapat diimbangi dengan mengantisipasi agar tidak membungkus makanan dengan plastik. Jadi, bawalah wadah sendiri untuk membungkus makanan. Tidak hanya baik untuk kesehatan, ini juga baik untuk lingkungan.