Melansir dari WorldofBuzz, seorang guru bernama Mohd Fadli Salleh mengunggah sebuah foto di halaman Facebook-nya. Foto itu menampilkan bagaimana sekelompok muridnya berbagi satu porsi nasi goreng buatan salah satu ibu dari mereka.

Bukti Masakan Ibu yang Terbaik, Anak Ini Berbagi Bekal Nasi Goreng dengan Teman Sekolahnya
source: https://www.worldofbuzz.com/

Dalam unggahannya tersebut, ia menuliskan pesan yang cukup mendalam bagi para orangtua:

Saya pikir, orang yang akan paling bahagia melihat foto-foto ini adalah ibu yang memasak makanan untuk putranya. Tempat makan itu akan dibawa pulang dengan posisi yang sudah kosong. Kemudian, putranya akan menceritakan kepadanya, ‘Ibu, aku membagikan makanan dengan teman-temanku. Mereka bilang masakanmu sangat enak!'

Keesokan harinya, sang ibu pasti akan memasak dengan cinta dan semangat. Tidak semua anak memang memiliki uang untuk membeli makan sendiri. Tapi ketika ada seorang teman yang mengajak untuk makan bersama, dijamin itu akan menambah selera makan. Bahkan, saat saya mengambil foto-foto ini, mereka juga mengajak saya, ‘Pak Guru, apakah Bapak mau? Ayo makan bersama!' Anak-anak ini tampak sangat tulus, tanpa sedikit pun keegoisan. Tidak ada keserakahan atau keinginan untuk makan sendiri.
"

Foto ini memberikan pelajaran bagi kita semua tentang pentingnya berbagi dengan sesama. Guru itupun juga menambahkan:

Saya mendorong orangtua, khususnya para ibu untuk memasak makanan bekal untuk anak-anak dibawa ke sekolah. Selain itu, tolong siapkan sedikit tambahan porsi untuk mengajarkan mereka berbagi makanan untuk teman-teman. Ajari mereka untuk berbagi makanan. Ini merupakan bentuk pendidikan yang baik. Anak-anak ini tidak membawa makanan mewah, hanya nasi goreng. Tapi sikap berbagi itulah yang membuat ini menjadi lebih spesial dan bermakna. praktik yang mulia. Anak-anak ini yang membawa makanan rumahan ke sekolah tidak kaya."

Bukti Masakan Ibu yang Terbaik, Anak Ini Berbagi Bekal Nasi Goreng dengan Teman Sekolahnya
source: https://www.worldofbuzz.com/

Berbagi makanan juga dapat mengurangi kecenderungan anak-anak untuk terbiasa membuang-buang makanan. Guru ini memaparkan dalam postingannya bahwa ada banyak siswa membawa makanan rumahan yang mahal dan lezat, seperti spageti, nugget, sosis, dan makanan mahal yang menggugah selera. Tetapi ketika mereka pulang ke rumah dan ibu mereka memeriksa kotak makan mereka, kotak makan itu masih terisi setengahnya.

baca juga

Oleh karena itu, ajarkan anak untuk berbagi makanan dengan teman-teman. Selain mempererat hubungan pertemanan, anak-anak juga akan terbiasa untuk lebih menghargai makanan.