Yoga merupakan salah satu olahraga yang sangat baik bagi kesehatan fisik dan psikis. Oleh sebab itu, olahraga satu ini banyak dilakukan oleh orang-orang dewasa bahkan para remaja sekalipun. Tetapi, masih sangat sedikit anak-anak yang melakukan olahraga ini. Mungkin dikarenakan anggapan bahwa yoga merupakan olahraga yang hanya akan membuat si kecil merasa bosan dan ingin berhenti sebelum selesai. Padahal, yoga mempunyai manfaat yang sangat baik lho baik untuk perkembangan fisik dan psikis si kecil. Lebih lanjut, inilah 5 manfaat yoga untuk anak yang mempraktikkannya:
 

source: https://www.theodysseyonline.com/19-thoughts-yoga-time

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi


Pada dasarnya, anak-anak sangat mudah teralihkan pada hal lain sehingga sangat sulit untuk fokus melakukan satu hal. Namun, dengan melakukan Yoga, anak-anak akan diajarkan untuk menjernihkan pikirannya dan fokus pada usaha untuk melakukan dan menahan sejumlah pose yoga. Ketika rutin dilakukan, hal ini akan melatih si kecil untuk terus fokus dan berkonsentrasi pada setiap hal yang ia lakukan, termasuk fokus dan berkonsentrasi ketika belajar dan mengerjakan ujian di sekolah, sehingga mampu meningkatkan prestasinya si kecil.
 

baca juga

Mengajarkan Anak Teknik Menenangkan Diri


Meski masih kecil, anak-anak kerap kali berada pada situasi  genting yang sangat mudah membuatnya panik bahkan menangis, seperti tidak dapat memahami pelajaran di sekolah atau tidak sengaja mendorong adiknya. Namun, dengan melakukan yoga, anak-anak akan memperoleh teknik bernafas yang tepat yang mampu membuat dirinya tenang dan damai. Sehingga, ketika berhadapan dengan situasi yang sulit, si kecil tidak akan menangis, melainkan mampu menenangkan diri dengan teknik pernafasan tersebut, tidak menjadi stress dan dapat bereaksi dengan tepat terhadap situasi itu.
 

Meningkatkan Keseimbangan dan Fleksibilitas


Dengan melakukan pose atau gerakan yoga yang membutuhkan pergerakan hampir seluruh bagian tubuh, anak-anak dapat meningkatkan fleksibilitas tubuhnya. Selain itu, melalui usaha melakukan pose yoga yang membutuhkan keseimbangan, anak-anak akan mampu meningkatkan keseimbangan fisik dan mentalnya. Misalnya, ketika seorang anak kesulitan melakukan pose yoga yang berdiri dengan satu kaki, ia akan meingkatkan keseimbangan fisik ketika berhasil melakukan pose itu setelah berkali-kali jatuh, serta meningkatkan keseimbangan mentalnya ketika ia dapat memahami bahwa tidak semua hal yang ia inginkan dapat langsung didapatkan, melainkan melalui sejumlah usaha keras dan kegagalan.
 

baca juga

Mengajarkan Peneriman Diri


Dengan menjalani yoga, anak-anak akan dituntut untuk memahami dan menerima kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sehingga, ketika diluar kelas yoga, sedari dini anak-anak akan mampu menerima segala kelebihan dan kekurangannya, serta dapat mencintai dan mensyukurinya, meskipun lingkungan sekitar kerapkali tidak mendukung.
 

Melatih Koordinasi Indra


Yoga menuntut anak-anak untuk melakukan pose berdasarkan contoh yang ia lihat dan instruksi yang  ia dengar. Oleh sebab itu, yoga dapat membantu anak-anak untuk melatih dan meningkatkan koordinasi antara apa yang ia lihat dan apa yang ia dengan, dengan tindakan yang harus ia lakukan. Sehingga, pada kehidupan kesehariannya, ketika si kecil diminta melakukan sesuatu, ia akan melakukannya dengan tepat sesuai dengan instruksi yang diberikan.
 


Ayo Beautynesian, ajak si kecil mempelajari yoga mulai sekarang!
 

source: http://www.barefootyogastudio.ie/yoga-classes/mum-baby/kids-yoga.html