Kelahiran seorang anak pertama secara otomatis membuat moms dan dads menjadi orang tua. Harapan semua orang tua pun memiliki anak istimewa yang mereka dambakan. Namun untuk mencetak anak-anak istmewa tidak dilakukan secara kebetulan moms. Semua hal perlu perjuangan, selain lingkungan, cara moms dan dads mendidik juga sangat mempengaruhi.

Kebanyakan dari orang tua baru, mulai membuat kesepakatan cara mendidik anak. Mungkin moms memulai dengan mengubah cara-cara mendidik yang menimbulkan trauma di benak moms. Ini bisa dilakukan dengan membuat kesepakatan dengan sang ayah, selain itu moms juga bisa melakukan 7 cara berikut ini dan jadilah orang tua luar biasa untuk anak-anak.

1. Ajarkan Mandiri

Di masa depan anak akan hidup dengan menentukan apapun sendiri yang mereka putuskan. Untuk itu moms perlu mengajarkan rasa mandiri sejak dini. Alih-alih melarang ini dan itu, cobalah memberi ruang untuk si kecil berkembang lebih. Beri dia kesempatan untuk mengeksplorasi banyak hal namun tetap bertanggung jawab. Ajarkan sejak dini seperti merapihkan mainannya setalah bermain, dan membersihkan piring yang telah dia gunakan. Untuk melakukan ini memberi kepercayaan dan kebiasaan cukup penting.

Jangan meributkan hal-hal kecil seperti pilihan fashionnya, dan bagaimana cara anak melakukan tugasnya. Tanamkan tanpa menimbulkan trauma, seperti menggunakan pukulan atau kata-kata kasar, serta membohongi sang anak. Kedisiplinan yang coba moms ciptakan dapat berjalan tanpa adanya hukuman untuk sang buah hati.

1. Ajarkan Mandiri
baca juga

2. Luangkan Waktu Santai Bersama

Untuk menambahkan kedekatan dengan buah hati, moms bisa meluangkan waktu dengan mereka. Lakukan hal-hal sederhana, namun efektif meningkatkan bounding antara moms, ayah dan sang buah hati. Kegiatan seperti membacakan cerita sebelum tidur bisa jadi pilihan. Kegiatan ini bisa moms lakukan sambil menyelipkan nasehat-nasehat untuknya. Selain dilakukan bertiga, moms juga bisa mengatur waktu agar ayah dan si kecil memiliki waktu bermain bersama. 

Memiliki kedekatan bersama Ayah berdampak positif untuk anak. Beberapa penilitian bahkan mengatakan anak-anak yang dekat dengan ayahnya lebih memiliki kemampuan problem solving, dan berprestasi di sekolahnya

2. Luangkan Waktu Santai Bersama

3. Jangan Lupa Ajarkan Kemampuan Sosial

Selain mengembangkan bakatnya, anak moms perlu memiliki kemampuan sosial. Mulailah dengan melatih kemampuan berkomunikasi sang buah hati. Caranya, coba tanyakan tiga hal kepadanya setiap hari. Tanyakan hal-hal simpel namun spesifik, seperti siapa yang duduk di sebelah kiri ade tadi di sekolah. Atau sebut salah satu temannya apakah hari ini masuk atau tidak. Semakin usianya bertambah pertanyaan moms bisa mulai semakin luas.

Selain komunikasi, moms bisa membantu anak mengenali emosi yang dimiliki. Saat anak telah tenang dari sikap tantrumnya, coba tanyakan apa yang dia rasakan, dan bagaimana membuatnya merasa lebih baik. Dengarkan jawaban mereka, sehingga moms akan lebih mudah mengajaknya berbicara. Si kecil pun lebih bisa mengutarakan apa yang dia rasakan.

3. Jangan Lupa Ajarkan Kemampuan Sosial
baca juga

4. Jadi Contoh yang Baik Untuk Anak-anak

Jadilah contoh yang baik untuk anak-anak moms. Menanamkan rasa hormat kepada sesamanya, tidak bisa hanya melalui kata-kata. Moms bisa tunjukkan sikap hormat moms kepada nenek dan kakek, sehingga si kecil akan mengikutinya. Memberi contoh lebih efektif dari pada hanya dengan memberi tahunya melalui kata-kata. Hal lain yang wajib moms tanamkan bukan hanya saling hormat pada sesama, tapi juga menjaga lingkungan. Beri contoh bagaimana menjaga lingkungan yang baik. Ajak anak berpartisipasi kerja bakti yang dilakukan di lingkungan rumah.

Perlihatkan bagaimana menjaga lingkungan tetap bersih, membuang sampah pada tempatnya. Tidak menggunakan barang-barang sekali pakai. Dan hal yang juga tak kalah penting, ajarkan bagaimana kejujuran sangat penting, serta berbohong menjadi sikap yang tak sepatutnya dilakukan.

4. Jadi Contoh yang Baik Untuk Anak-anak

5. Tahu Bagaimana Cara Memberi Pujian

Agar anak tetap melakukan hal-hal baik, moms perlu memberi mereka penghargaan. Dalam melakukannya harus tepat agar hal ini mendorong si kecil menjadi jauh lebih baik dari hari ke hari. Moms perlu momen yang tepat saat ingin memujinya. Beri pujian anak ketika ia baru saja melakukan hal yang baik, seperti membantu sesamanya. Berikan pujian dengan setengah berbisik kepada sang ayah, nenek, kakek, atau bahkan ke bonekanya. Hal ini mungkin akan diterima lebih baik, daripada dikatakan langsung. Pastikan si kecil mendengarnya, saat moms membisikan kata-kata pujian tersebut.

5. Tahu Bagaimana Cara Memberi Pujian

6. Percaya Diri dalam Mendidik

Perlu rasa percaya diri dalam mendidik anak moms. Jadi moms melakukan secara mantap dan tidak ragu-ragu. Apalagi terlihat plin-plan di mata anak. Jika rasa lelah menghampiri moms, luangkan waktu untuk beristirahat. Bukanlah hal yang buruk jika moms terlalu lelah untuk memasak. Andalkan insting moms dalam membesarkan si kecil. Tidak ada yang lebih tau tentang anak moms, dibandingkan diri moms sendiri. Jangan pernah terima sikap tak hormat dari anak. Jangan biarkan dia melakukan hal tersebut kepada siapapun.

6. Percaya Diri dalam Mendidik

7. Besarkan Anak-anak Bertanggung Jawab

Tunjukan pada anak-anak bagaimana menjadi orang yang bertanggung jawab di kehidupan bermasyarakat. Mengikuti kegiatan sebagai relawan bisa manjadi cara menanamkan rasa tanggung jawab dan kemampuan sosialnya. Berangkat dari kepedulian sesama, anak moms akan tumbuh penuh tanggung jawab, tidak hanya di rumah tapi juga lingkungan sekitar. Di semakin bertambah usia, dia pun mulai mampu mengembangkan kemampuan tersebut, sehingga mampu mengendalikan diri dalam keadaan apapun, dan menerima konsekuensi setiap hal yang telah dia lakukan.

7. Besarkan Anak-anak Bertanggung Jawab