Sang raja buah, durian memang masih merajai pasar buah saat ini. Kehadiran musim durian menjadi salah satu momen yang paling ditunggu. Apalagi kalau bukan karena buah ini memiliki rasa yang manis dan legit, sehingga banyak dijadikan buah favorit. Asal tahu saja moms, ternyata buah dengan kulit berduri ini tak hanya berasal dari pulau Jawa lho. Seperti dilansir dari DetikFood, beberapa daerah di luar Jawa ini bahkan jadi penghasil durian unggul dan terbaik di Indonesia.

Medan

Sudah bukan rahasia jika Medan menjadi salah satu kota penghasil durian terbaik. Durian Medan memiliki rasa yang otentik sebab dalam proses penanamannya tidak menggunakan rekayasa ilmiah. Rasa dari durian medan sudah tak perlu ditanya, manis dan legit dengan ukuran buah yang cukup besar. Saat moms berada di Medan dan ingin menikmati durian ini, terdapat beberapa tempat durian yang legendaris seperti durian Ucok dan Sibolang Durian. 

Medan
baca juga

Maluku

Varietas durian yang berasal dari salah satu provinsi di Timur Indonesia ini disebut dengan durian soya, tepatnya durian soya berasal dari kota Ambon. Durian ini memiliki bentuk bulat dengan warna daging buah kuning pucat dan tekstur yang halus tidak berserat. Dibanding dengan varietas durian lain, aroma durian soya cenderung lebih menyengat, jadi bagi moms yang tidak suka aroma durian sebaiknya hindari jenis durian ini.

Maluku

Kalimantan

Kawasan Kalimantan juga tak ketinggalan memiliki varietas durian unggul yang bernama durian lai. Meski memiliki ukurang yang lebih kecil dibanding durian pada umumnya, yaitu hanya berkisar 1-2 kg perbuah, tapi durian lai adalah jenis durian yang tepat bagi moms yang kurang menyukai aroma durian. Durian lai memiliki aroma yang tidak menyengat dan lebih lembut. Meski begitu rasanya tetap manis legit dengan warna buah yang kuning pekat menggoda.

Kalimantan
baca juga

Bengkulu

Di Bengkulu, tepatnya di Bengkulu Utara terdapat varietas durian yang juga manis dan lembut bernama durian bentara. Durian bentara memiliki ciri khas aroma yang harum dan menggugah selera, bukannya menyengat dan memabukkan. Selain enak dinikmati, durian bentara juga merupakan peningkat perekonomian masyarakat Bengkulu Utara, khususnya di Kebupaten Seluma. Disana pohon durian bentara dijadikan tanaman untuk merehabilitasi hutan, sehingga
masyarakat sekitar mendapat dua keuntungan sekaligus.

Bengkulu

Pontianak

Bagi pecinta durian yang menyukai jenis durian dengan aftertaste pahit, maka silakan berkunjung ke Pontianak. Di Pontianak terdapat satu varietas durian yang disebut durian balai karangan. Durian ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan daging buah berwarna pucat. Meski berwarna pucat, tapi daging durian jenis ini tebal dengan tekstur yang lembek dan lembut. Ketika dimakan, durian ini akan terasa legit dan creamy. Moms yang ingin menikmati durian balai karangan saat berkunjung ke Pontianak, bisa mengunjungi kawasan Teuku Umar.

Pontianak