Sejak menjadi seorang ibu, saya lebih aware dalam menjaga kesehatan. Pasca melahirkan pernah sekali sakit typus dan rasanya gak tega melihat si kecil minta gendong mamanya tapi mamanya terbaring lemah selama beberapa hari. Belum lagi, rumah jadi berantakan karena selama sakit, totally saya tidak mengerjakan apapun. Sejak saat itu, saya berkomitmen untuk selalu menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan kesehatan serta konsultasi dokter secara berkala.
Moms, sejak si kecil hadir, saya merasa memiliki tanggung jawab penuh untuk keluarga kecil saya sehingga apapun rasanya ingin saya lakukan sendiri namun ternyata pemahaman tersebut keliru. Kita tidak bisa memaksakan tubuh dengan pekerjaan rumah sekaligus merawat bayi. Ternyata merawat bayi newborn itu membutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra, serta harus memiliki time schedule sendiri. Berikut ini adalah tips yang pernah saya lakukan untuk mendapatkan quality time dalam keseharian saya sejak memiliki bayi:
 
1. TETAP BANGUN PAGI
Moms pasti akan sering begadang untuk menyusui si kecil, baik itu dengan ASI ataupun menyeduh susu formula sedikitnya setiap 2 jam sekali memaksa Moms untuk terbangun beberapa kali. Meski begitu, usahakan untuk tetap bangun pagi untuk mendapatkan udara yang fresh dan matahari pagi yang bagus untuk kesehatan. Dengan bangun pagi, kita dapat mengerjakan sesuatu lebih awal sehingga pada siang hari Moms dapat beristirahat bersama si kecil.
 
2. PRIORITASKAN YANG PENTING TERLEBIH DAHULU
Jika Moms terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah sendiri, karena saat ini sudah ada si kecil, cobalah untuk memilih beberapa pekerjaan dan memprioritaskan yang penting terlebih dahulu, seperti menyiapkan sarapan, mememandikan si kecil dan menjemurnya dibawah matahari pagi. Pekerjaan lainnya bisa Moms cicil saat si kecil tidur, tapi dengan catatan tidak terlalu memaksakan untuk mengerjakannya sendiri ya Moms. Ingat, Moms sedang dalam masa pemulihan setelah melahirkan jadi harus ekstra menjaga kesehatan. 


3. ISTIRAHAT YANG CUKUP
Selain menyicil pekerjaan rumah saat bayi tertidur, sempatkan juga untuk ikut tidur siang bersama si kecil. Orangtua yang memiliki bayi cenderung mengalami kurang tidur sehingga Moms harus menyiasatinya dengan tidur siang. Kurang tidur dapat menyebabkan anemia dan menurunkan system imun Moms yang dapat berdampak buruk pada si kecil.
 
4. SALING SUPPORT DAN BERBAGI BERSAMA SUAMI
Moms, tidak semua pekerjaan rumah dapat diselesaikan dalam satu waktu, itu yang saya alami. Mulai dari cucian baju, piring, masak, nyapu, ngepel, hingga nyetrika semua dikerjakan sendiri. sejak awal memang saya dan suami sepakat untuk keep handling anything by ourselves, bukan karena so idelais atau tidak ingin tinggal bersama keluarga, melainkan sebagai pembelajaran untuk kami berdua yang tengah belajar berumah tangga di usia muda. Terkadang, kita dapat berubah jauh lebih baik, mandiri dan bertanggung jawab pada saat situasi yang mendesak alias kepepet. Untuk itu, kami belajar menghadapi dan mengurus segala sesuatu berdua, mulai dari merawat si kecil, mengurus pekerjaan rumah hingga urusan pekerjaan kantor. Untuk Anda yang baru saja menjadi mama, nikmati prosesnya karena tidak akan pernah terulang kembali masa-masa indah bersama buah hati pada saat ia masih bayi. Mungkin kita akan menemuka rasa lelah, jenuh, bosan, dan merasa ada pada posisi paling menyedihkan namun percayalah perasaan tersebut justru akan membuat Moms semakin kuat dan insting sebagai seorang ibu akan tumbuh secara alami. Dengan dukungan dari suami, semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah tanpa merasa terbebani.