Penyebab Cacingan pada Anak

Cacingan menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum dialami anak-anak. Mereka cukup rentan terserang penyakit yang mudah menular ini. Terlebih untuk Moms yang tinggal di daerah tropis, di mana cacing dapat berkembang biak karena suhu dan lingkungan yang lembap.

Meski cacingan kerap diderita anak-anak, Moms pun sebaiknya jangan meremehkan. Cacingan pada anak bila dibiarkan bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembang sang buah hati, Moms. Anak yang biasanya aktif bermain bisa mendadak lesu karena cacingan.

Karena itulah, sangat penting bagi orang tua untuk tahu penyebab cacingan pada anak. Biasanya cacingan ditularkan lewat makanan dan minuman yang tercemar telur cacing. Cacingan dapat pula ditularkan melalui tanah.

"Penyebabnya tersering cacing gelang, cacing cambuk, cacing kremi, dan cacing tambak," ujar dr. Meta Hanindita Sp.A dari RSUD Dr Soetomo Surabaya dalam bukunya Panduan Lengkap Merawat Batita.

Penyebab Cacingan pada Anak
source: https://www.familyhealthdiary.co.nz/wp-content/uploads/2017/03/21621096_TW-820x472.jpg

Tips Mencegah Cacingan dan Menjaga Kesehatan Anak

Selain tahu penyebabnya, Moms juga perlu mengenali gejala cacingan. Dilansir dari HaiBunda, secara umum gejala cacingan pada anak ditandai dengan lesu dan sering mengantuk. Anak juga tampak pucat dan terlihat kurang gizi.

Gejala lainnya adalah anak terserang diare dan sering sakit. Perhatikan juga bila tampak cacing di kotorannya, Moms. Ini bisa jadi tanda anak mengalami cacingan.

Penyembuhannya sendiri dengan pemberian obat cacing oleh dokter. Meski begitu, Moms juga perlu tahu cara mencegah cacingan agar penyakit ini tak terjadi berulang. Ada lima langkah yang bisa diterapkan.

1. Biasakan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan
2. Gunting kuku anak rutin seminggu sekali
3. Biasakan anak memakai alas kaki
4. Cuci lebih dulu buah dan sayur sebelum dikonsumsi
5. Jangan biasakan anak mengisap jempol atau menggigiti kuku

Untuk mencegah terjadinya infeksi cacingan, obat cacing boleh diberikan kepada anak usia di atas dua tahun di daerah endemis. Pemberiannya juga dapat diulang setiap 6 bulan sekali.

Sementara itu bila Moms punya anak usia sekolah, wajib untuk menjaga kebersihannya. Mereka biasanya lebih rentan terserang cacingan karena belum terlalu peduli soal kebersihan lingkungannya.

Tips Mencegah Cacingan dan Menjaga Kesehatan Anak
source: https://pediatriccenterofroundrock.com/wp-content/uploads/2014/09/bigstock-child-girl-washing-hands-with-75369070.jpg