1. Cek tanggal kadarluarsa

Bila Moms membeli telur ayam dalam kemasan atau telur ayam di supermarket, biasanya diberi tanggal kadarluarsa. Moms bisa mengecek tanggal kadarluarsa telur tersebut. Apabila tidak tertera tanggal kadarluarsanya, biasanya telur ayam masih layak dikonsumsi dalam kurun waktu 1 minggu. Bila sudah terlewati masa kadarluarsanya atau sekiranya sudah lama membeli telur tersebut, lebih baik untuk tidak mengolah atau mengonsumsi telur tersebut.
1. Cek tanggal kadarluarsa
source: https://jooinn.com/

2. Cek bau

Bila Moms lupa kapan terakhir kali membeli telur tersebut, Moms bisa mengecek baunya. Dilansir dari DetikHealth, bila telur berbau aneh, tidak sedap, ada kemungkinan telur tersebut sudah tidak segar dan mulai membusuk. Telur yang masih segar dan layak dikonsumsi, tidak mengeluarkan bau yang aneh atau bau yang tidak sedap.
2. Cek bau
source: https://jooinn.com/
baca juga

3. Cek fisik

Telur yang tidak segar dengan telur yang segar tentu memiliki fisik yang berbeda. Moms bisa mengecek cangkangnya. Bila cangkang telur retak, berlendir atau bertepung, maka telur sudah tidak layak dikonsumsi. Kondisi-kondisi tersebut menandakan telur mulai membusuk. Bubuk seperti tepung pada cangkang menunjukkan tumbuhnya jamur pada telur, sedangkan cangkang yang retak mengindikasikan adanya bakteri.

3. Cek fisik
source: http://shutterstock.com/JIANGHONGYAN

4. Uji apung

Uji ini cukup populer untuk menentukan apakah telur masih segar atau tidak. Uji apung ini cukup mudah dilakukan. Moms dapat menaruh sebutir telur dalam mangkuk atau gelas yang berisi air. Jika telur tenggelam, maka telur tersebut masihlah segar. Namun bila telur mengapung atau tenggelam sebagian, telur tersebut sudah tidak segar lagi.
4. Uji apung
source: http://shutterstock.com/
baca juga

5. Tes senter

Moms dapat melakukan tes ini pada ruangan yang redup cahaya atau gelap. Tes senter ini dilakukan dengan cara menerangi ujung telur menggunakan cahaya senter, lalu putar telur dari kiri ke kanan secara cepat. Fungsi tes ini untuk melihat udara pada telur. Bila telur tersebut segar, maka akan terlihat udara tipis dalam telur. Namun, bila telur tidak segar lagi, udara yang terlihat tebal dalam telur. Hal ini dikarenakan banyak gas pada telur yang mulai membusuk.

5. Tes senter
source: http://www.istockphoto.com
Nah, itu dia 5 cara untuk mengetahui telur tersebut masih segar atau tidak. Cukup mudah bukan mengeceknya, Moms? Apabila Moms masih ragu telur tersebut layak dikonsumsi atau tidak, sebaiknya singkirkan saja, ya, Moms!