Penyebab Munculnya Jerawat di Pantat

Jerawat sudah menjadi masalah kulit yang umum dialami banyak orang. Tak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di area dada dan punggung. Namun yang lebih menganggu, pantat pun rupanya tak luput dari jerawat.

Jerawat di pantat atau butt acne disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit. Ini akibat dari bakteri, sel kulit mati, dan minyak berlebih yang menumpuk. Selain itu, inflamasi atau peradangan folikel rambut juga bisa memicu timbulnya jerawat.

Penyebab Munculnya Jerawat di Pantat
source: https://www.liveabout.com/thmb/-PlI13b9JKJm-zD55hMr83INBkg=/768x0/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc():format(webp)/ButtJeans-ZenShui-FredericCirou-GettyImages-5a9de0f03418c60036361b9c.jpg

Atasi Jerawat di Pantat dengan Bahan Alami

Apabila timbul gatal dan kemerahan, jerawat bisa semakin parah bila tak segera ditangani. Bagi Mommies yang mengalaminya, jangan panik dulu. Bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di dapur berikut ini mampu mengatasi jerawat di pantat. 

1. Air Lemon dan Gliserin
Dilansir dari Boldsky, lemon bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat di pantat. Lemon memiliki kandungan antioksidan yang dapat membersihkan kulit. Sementara gliserin membantu menghidrasi kulit, serta mempunyai kandungan antiinflamasi. 

Caranya, campur 1 sdt air lemon dan 1 sdt gliserin. Alikasikan di area yang berjerawat menggunakan kapas. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air.

source: https://cdn-prod.medicalnewstoday.com/content/images/articles/324/324585/fresh-lemon-juice-which-can-help-with-constipation.jpg


2. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan. Sifatnya yang melembapkan dan kandungan antibakterinya membuatnya ampuh untuk membersihkan kulit secara mendalam dan mengobati infeksi kulit.

Tuang minyak kelapa secukupnya ke telapak tangan. Usapkan pada area yang berjerawat dengan pijatan lembut selama beberapa menit. Biarkan semalaman. Bilas dengan air hangat pada pagi harinya.
 
source: https://cdn-prod.medicalnewstoday.com/content/images/articles/320/320644/coconut-oil.jpg

 

3. Es Batu
Mengompres dengan es batu bisa membantu untuk menenangkan kulit yang iritasi dan mengurangi radang akibat jerawat. Cukup gunakan 1-2 buah es batu untuk mengompres.
 
source: https://imgix.bustle.com/uploads/image/2018/6/4/228b0e50-88e8-4204-8428-424fda870072-stocksy_txp3b2d37e56uy100_small_673031.jpg


4. Cuka Apel
Cuka apel dikenal kaya manfaat juga mampu mengatasi jerawat membandel. Sebab cuka apel mengandung asam malat yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur.

Encerkan 1 sdm cuka apel dengan 500 ml air. Aplikasikan dengan kapas di area berjerawat.
Diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan lap basah.
 
source: https://cdn-image.myrecipes.com/sites/default/files/styles/medium_2x/public/field/image/health-benefits-apple-cider-vinegar.jpg


5. Tea Tree Oil dan Minyak Zaitun
Kandungan antibakteri dan antijamur pada tea tree oil, serta vitamin dan antioksidan pada minyak zaitun dapat membantu membersihkan kulit dan mengurangi peradangan akibat jerawat.

Gunakan 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdt tea tree oil. Aduk rata, lalu oleskan pada area pantat yang berjerawat. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
 
source: http://superbhub.com/wp-content/uploads/2017/09/Tea-Tree-Oil-and-Olive-Oil-600x400.png
6. Lidah Buaya
Kandungan antibakteri dalam lidah buaya ampuh mengatasi jerawat, sekaligus memberikan efek menenangkan pada kulit.

Ambil gel lidah buaya yang masih segar. Kemudian oleskan pada area yang berjerawat. Biarkan selama 20-25 menit, lalu bilas dengan air hangat.
 
source: https://cdn.cdnparenting.com/articles/2018/02/697067839-H-696x476.jpg


7. Baking Soda

Baking soda juga mampu mengatasi jerawat karena memiliki kandungan antibakteri. Campur 1/2 sdt baking soda dan 2-3 sdt air hingga menjadi pasta lembut. Oleskan pada area yang berjerawat. Diamkan selama 5 menit, bilas dengan air hangat.
 
source: https://i.ndtvimg.com/i/2017-02/baking-soda_620x350_81488188845.jpg
baca juga

Tips Mencegah Munculnya Jerawat di Pantat

Bahan-bahan alami di atas bisa Moms coba bila jerawat tengah menganggu. Namun ada baiknya Moms juga juga melakukan pencegahan. Berikut ini tipsnya.

1. Minum Banyak Air
Jerawat di pantat bisa disebabkan karena panas yang berlebih. Karena itu, minumlah banyak air dan minuman yang menyehatkan seperti buttermilk, air kelapa, dan jus buah.

2. Jaga Kebersihan
Lakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali pada area pantat. Ini agar sel kulit mati terangkat sehingga kulit menjadi bersih.

3. Perhatikan Bahan Pakaian Dalam
Bila Moms punya kulit sensitif dan rentan terhadap jerawat, sebaiknya hindari pakaian dalam berbahan nilon dan sintetik. Bahan katun jauh lebih baik.

4. Kenakanlah Pakaian Longgar
Pakaian yang ketat membuat area pantat menjadi lembap dan mudah berkeringat sehingga jerawat akan muncul dengan mudah.

5. Hindari Pelembut Pakaian
Mommies yang punya kulit sangat sensitif sebaiknya jangan memakai pelembut pakaian. Jerawat di pantat bisa muncul sewaktu-waktu.

Jika cara-cara di atas tak kunjung membuat jerawat di pantat sembuh, segera periksakan diri ke dokter, Moms, untuk penanganan lebih lanjut.