Kandungan Nutrisi Jambu Biji

Ada anggapan bahwa jambu biji tak baik untuk bayi. Ini karena bijinya yang padat yang dapat mengganggu pencernaan. Padahal jambu biji memiliki nutrisi yang baik untuk si kecil lho, Moms.

Dalam 100 gram jambu biji, terdapat 80,8 gr air dan 68 kkal energi, seperti dilansir dari Boldsky. Terkandung pula 2.55 gr protein, 5.4 gr serat pangan, 18 mg kalsium, 228.3 mg vitamin C, 40 mg fosfor, 22 mg magnesium, 2 mg sodium, 417 mg potasium, 0.26 mg zat besi, 49 mcg folat, dan 31 mcg vitamin A dengan sejumlah vitamin, yakni vitamin B1, B2, dan B3.

Kandungan Nutrisi Jambu Biji
source: https://www.finedininglovers.com/sites/g/files/xknfdk626/files/styles/im_landscape_100/public/Original_14539_Guava-FDL-TP.jpg

Manfaat Jambu Biji untuk Bayi

1. Meningkatkan Sistem Imun
Moms, jambu biji ternyata memiliki empat kali lebih banyak Vitamin C daripada jeruk, lho. Vitamin C penting untuk fungsi sistem imun, tumbuh kembang, dan regenerasi sel pada bayi.

2. Membantu Perkembangan Sistem Syaraf
Jambu biji mengandung asam folat yang dapat mencegah cacat lahir terkait otak dan tulang belakang, serta membantu pertumbuhan sistem saraf dan peredaran darah pada bayi.

3. Menyehatkan Mata
Selain vitamin C, jambu biji juga kaya akan vitamin A. Seperti diketahui vitamin A penting untuk penglihatan yang baik. Kekurangan vitamin A pada bayi dapat menyebabkan xerophthalmia.

4. Mencegah Kanker
Karena kandungan antioksidannya, jambu biji dapat mencegah kanker sejak dini,  penyakit Alzheimer dan Parkinson, juga gangguan lain seperti hiperoksia dan peradangan.

5. Membantu Perkembangan Otak
Biji dari jambu biji kaya akan asam lemak seperti linoleat dan fenolik, yang merupakan komponen penting dalam perkembangan otak bayi dan formasi jaringan lainnya.

6. Memperlancar Pencernaan
Serat dalam jambu biji dapat memperlancar pencernaan pada anak-anak, mencegah sembelit, dan radang usus buntu. Buah ini juga membantu mengatasi diare dan disentri serta memperkaya produksi darah.

7. Membantu pertumbuhan tulang dan tulang rawan
Ini berkat kalsium dan nutrisi lainnya dalam jambu biji yang sangat baik untuk tulang bayi.

Manfaat Jambu Biji untuk Bayi
source: https://media2.s-nbcnews.com/j/newscms/2018_42/1378791/baby-4-months-roll-over-stock-today-main-181019_245b12ca4ac49d5883a8a73526b3939d.fit-760w.jpg
baca juga

Cara Mengolah Jambu Biji untuk Bayi

Jambu biji aman dikonsumsi bayi jika diolah dengan benar. Selalu gunakan jambu biji yang masih segar dan matang ya, Moms. Hindari juga memberikan puree jambu biji beku. 

Pertama-tama, cuci bersih jambu biji, lalu kupas kulitnya. Kemudian potong-potong dan masukkan ke dalam air mendidih. Ini agar jambu biji menjadi lunak dan mudah dicerna. Setelah itu, tumbuk dan saring bijinya. Bisa juga diblender bijinya hingga halus.

Untuk mengenalkan jambu biji pada bayi, berikan dalam porsi sedikit. Mulailah secara perlahan dengan satu sendok teh, kemudian bisa ditambahkan porsinya. Perhatikan apakah ada efek sampingnya. Bila tidak ada, Moms bisa berikan lagi jambu biji setelah beberapa saat.

Tapi ingat ya, Moms, batasi konsumsi jambu biji maksimal dua kali seminggu. Sebab sifat asam jambu biji bisa menyebabkan ruam popok pada bayi. Bila timbul gejala lain seperti gatal atau pembengkakan pada wajah, segera hentikan pemberian jambu biji dan hubungi dokter.

Cara Mengolah Jambu Biji untuk Bayi
source: https://www.mamanatural.com/wp-content/uploads/When-Can-Babies-Have-Yogurt-Plus-the-Healthiest-Options-baby-post-by-Mama-Natural-750x422.jpg

Resep MPASI Jambu Biji untuk Bayi

Bahan:

  • 1 buah jambu biji
  • 1 buah stroberi/pisang/pir
  • 1 sdm madu
  • Gula untuk tambahan rasa


Cara Membuat:

  • Kupas jambu biji dan buah lainnya. Buang bijinya, lalu iris-iris.
  • Tuang air ke dalam wajan. Masukkan buah-buahan tadi. Biarkan mendidih selama 5 menit.
  • Cek dengan garpu apakah sudah lunak. Kemudian, blender hingga menjadi puree halus.
  • Tambahkan madu atau gula sesuai selera.