Biasanya, tindakan induksi atau operasi sesar yang tidak dilandasi dengan adanya indikasi medis dilakukan karna pihak rumah sakit tidak pro normal atau tidak mau menunggu lebih lama lagi. Oleh karena itu, dari awal masa kehamilan, Moms harus selektif dalam memilih tempat dimana akan melahirkan. Hal ini bertujuan agar keinginan Moms untuk bisa melahirkan normal bisa dihormati, namun dengan syarat tidak adanya indikasi medis tertentu.

Tips Melahirkan Normal di Rumah Sakit, Terapkan 3 Langkah Ini, Moms
source: https://www.helios-gesundheit.de/fileadmin/_processed_/0/f/csm_Hebamme_6fad24b724.jpg

Jika Moms ingin melahirkan secara normal dan alami, Moms bisa memilih untuk melahirkan di bidan, karena umumnya bidan akan menunggu hingga bayi keluar secara alami tanpa melakukan proses intervensi apapun.

Tapi, bukan berarti di rumah sakit tidak bisa melahirkan normal lho Moms. Sangat mungkin untuk melahirkan secara alami di rumah sakit. Namun pada beberapa kasus di rumah sakit, tenaga medis terlalu buru-buru sehingga langsung melakukan proses intervensi khusus agar bayi segera lahir.  

Tips Melahirkan Normal di Rumah Sakit, Terapkan 3 Langkah Ini, Moms
source: https://www.vita34.ch/wp-content/uploads/hebamme-ein-beruf-mit-grosser-verantwortung.jpg
baca juga

Tips Agar Bisa Melahirkan Normal di Rumah Sakit

Pilih Dokter dan Rumah Sakit yang Tepat

Pemilihan dokter kandungan dan rumah sakit tempat melahirkan merupakan hal yang paling penting. Moms harus bisa memastikan bahwa dokter dan rumah sakit yang dipilih pro normal. Memilih dokter dan rumah sakit bisa dengan cara mencari referensi dari lingkungan sekitar atau melalui internet.

Beberapa pertanyaan yang dapat diajukan kepada pihak rumah sakit untuk mengetahui rumah sakit dan dokter pro normal atau tidak seperti dilansir dari BidanKita yaitu: 

  • Pandangan dokter terhadap proses alami melahirkan
  • Presentase yang melahirkan normal, induksi, dan operasi sesar
  • Apakah rumah sakit memiliki prosedur tetap untuk persalinan
  • Apakah tenaga medis membatasi untuk mengejan
  • Apakah menggunakan metode hypnobirthing dan mengizinkan suami mendampingi saat proses melahirkan
Pilih Dokter dan Rumah Sakit yang Tepat
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcSbhFbgbCcvRJO4fcgOaQe2Lx7K_edFrUAEwDCT7DZ0nxoU7IgB
baca juga

Belajar Mengenai Lahiran Normal

Agar bisa sesuai keinginan untuk melahirkan secara normal, Moms bisa mulai belajar cara-cara atau tips melahirkan secara normal. Bisa dengan olahraga, konsumsi makanan sehat, banyak bergerak, dan lain-lain yang bisa Moms cari di buku atau di media internet.

Belajar Mengenai Lahiran Normal
source: https://www.gesundheit.gv.at/GenticsImageStore/547/auto/prop/r/gesundheitsleistungen/berufe/Hebamme-Fotolia_29563713_XS_%28c%29_WavebreakMediaMicro.jpg?pkg5et&validation=094cf28c1f11069d9fe2aeab3503abbcf2e43ee11c88b8f7870e9745b03c9d58

Datang ke Rumah Sakit Saat Fase Aktif

Fase aktif merupakan fase dimana leher rahim sudah pembukaan 6-9. Pada fase ini, rasa nyeri pada perut sudah semakin kuat sehingga harus segera berada di tempat persalinan. Dengan begitu, akan mengurangi kemungkinan dilakukan intervensi khusus oleh pihak rumah sakit. Tapi, jika Moms tidak mengetahui kapan saat fase aktif dan rasa nyeri sudah tak tertahankan, segeralah menuju rumah sakit.

Datang ke Rumah Sakit Saat Fase Aktif
source: https://www.deutschlandfunkkultur.de/media/thumbs/8/87aaf51ec80a02e665d788d56144e706v1_max_635x357_b3535db83dc50e27c1bb1392364c95a2.jpg?key=8d4001

Demikian beberapa tips agar dapat melahirkan normal di rumah sakit. Semoga bermanfaat Moms!