Kandungan boba milk tea

Variasi boba tea saat ini cukup banyak. Dari milk tea, boba milk tea, boba fresh milk hingga yang paling hits saat ini, boba brown sugar. Komposisi minuman kekinian ini tidak jauh berbeda. Biasanya dalam satu gelas terdapat seduhan teh, susu, gula dan topping, seperti bola-bola kenyal tapioka. Tiap komponen ini mengandung kalorinya masing-masing.

Dilansir dari DetikHealth, berikut adalah kalori yang ada dalam segelas boba milk tea:
  • teh susu : 263 kalori
  • gula : 152 kalori
  • boba : 106 kalori
Jika ditotal, maka ada 521 kalori dalam segelas boba. Sedangkan menurut National Health Service, Inggris, rata-rata orang dewasa membutuhkan 2000 hingga 2500 kalori dalam sehari. Jika dalam sehari mengonsumsi 2 minuman boba, sudah memenuhi setengah kalori yang dibutuhkan tubuh.
Kandungan boba milk tea
source: https://health.detik.com/

Efek samping kesehatan

Minuman boba milk tea memang enak dan manis di lidah. Tak heran banyak orang yang menyukai minuman kekinian ini. Belum lagi rasanya yang bikin ketagihan, rasanya minum satu saja kurang. Namun, di balik rasa manis itu, ada bahaya kesehatan yang mengikuti. Salah satunya, risiko diabetes.

Diabetes dapat menyerang tubuh apabila terjadi lonjakan gula dalam darah. Selain diabetes, kelebihan gula juga dapat memicu kegemukan, obesitas, gagal ginjal dan risiko terkena penyakit jantung.

Bukan hanya gula yang berbahaya pada boba milk tea, topping boba yang berupa bola-bola tapioka juga berbahaya bagi tubuh. Bila tidak dicerna dengan baik, boba dapat menghambat saluran pencernaan. Boba juga memiliki risiko tersedak pada tenggorokan. Boba yang tidak dikunyah dengan baik akan sulit dicerna oleh tubuh dan mengakibatkan konstipasi.
Efek samping kesehatan
source: http://www.pixabay.com
baca juga

Tips aman mengonsumsi boba milk tea

Tidak ada salahnya menyukai minuman boba milk tea ini, namun ada baiknya bila membatasi konsumsinya. Lebih baik kurangi frekuensi konsumsinya, menjadi satu kali dalam seminggu. Pilih ukuran yang kecil dan sebaiknya kurangi gulanya. Kurangi takaran boba menjadi lebih sedikit atau bahkan tidak menggunakan topping sama sekali. Dan pilih susu yang rendah lemak.

Tips aman mengonsumsi boba milk tea
source: http://www.shutterstock.com
Ternyata dibalik manisnya boba milk tea, terdapat bahaya yang mengintai untuk kesehatan, ya. Kalori segelas minuman ini juga terbilang banyak. Bila Moms penggemar minuman boba milk tea, batasi konsumsinya ya, agar tidak terkena risiko diabetes!