Seperti dilansir HealthDetik, postingan yang pertama kali diunggah pada akun Twitter @FOOD*** ini ramai diperbincangkan netizen.

"Ada ga sih disini yang rebus daging pakai obat sakit kepala biar cepat empuk dagingnya?" tulis akun tersebut.

Unggahan soal obat sakit kepala dijadikan pengempuk daging mendapat respons hampir 1.000 netizen. Beberapa mempertanyakan tapi tak sedikit pula yang ternyata pernah melakukan.

Masak Daging dengan Obat Sakit Kepala Bikin Empuk Viral, 'Beneran' Ampuh?
source: https://health.detik.com/

"Di daerah rumahku ngempukin daging pakai B***x udah nggak aneh apalagi orang-orang tua jaman dulu, tapi tetep ya lebih enak dan aman ya pakai nanas," kata akun @ma***bakk**ju

Menurut Dokter Soal Obat Sakit Kepala Sebagai Pengempuk Daging

Menanggapi hal tersebut, ahli gizi komunitas dr Tan Shot Yen menyebut sangat tidak rasional menggunakan obat sakit kepala untuk mengempukkan daging.

"Obat flu ya buat flu. Salah satu yang ada dalam obat flu itu kan DMP, dextromethorphan," katanya saat dihubungi detikcom, Rabu (22/1/2020).

Mengutip Everyday Health, efek samping dextromethorphan adalah muntah-muntah, mengantuk, perasaan mual, sembelit, diare, dan gatal-gatal.

Masak Daging dengan Obat Sakit Kepala Bikin Empuk Viral, 'Beneran' Ampuh?

Kandungan lain dalam obat sakit kepala yang dimaksud adalah parasetamol. Ternyata, sejak dulu memang banyak yang mengira parasetamol bisa membuat daging menjadi empuk. Namun yang perlu menjadi catatan, obat sakit kepala tak hanya mengandung parasetamol tapi juga bahan kimia lain yang akan masuk ke dalam daging.

"Kalau cuma 1 butir buat 1 panci gede sop daging dimakan 4 orang, ya nggak akan terasa efek apa-apa. Jika dalam dosis tertentu dan sering digunakan, bisa kecanduan," pungkas dr Tan.

baca juga

Ragam Bahan Perendam Daging Agar Empuk dan Lezat

Moms, dari pada berisiko merebus daging dengan obat sakit kepala agar empuk. Lebih baik Moms menggunakan bahan perendam berikut ini agar daging empuk dan lezat. Apa saja?

Garam laut
Taburkan garam laut (bukan garam dapur) ke seluruh permukaan daging. Diamkan selama satu jam, baru kemudian diolah. Garam akan membantu menghancurkan ikatan protein yang ada di dalam daging sehingga daging akan terasa lebih empuk.

Teh
Teh tak hanya punya berkhasiat untuk kesehatan saja, tapi juga untuk mengempukkan daging. Kandungan tanin di dalamnya berfungsi sebagai pengempuk alami. Buat 1-2 cangkir teh hitam yang pekat, diamkan sampai agak dingin kemudian rendam daging (marinade) dalam air teh beberapa menit.

Jus jeruk, cuka, atau wine
Cairan yang memiliki kandungan asam bisa membantu melembutkan otot dan serat daging sekaligus menambah rasa. Gunakan saja jus  yang punya kandungan asam tinggi seperti lemon, jeruk nipis, atau nanas. Sedangkan untuk cuka, Moms bisa menggunakan aneka cuka seperti cuka apel, balsamic, atau cuka yang ada di dapur. Jika ingin daging lebih punya rasa yang unik, anggur merah bisa digunakan untuk bahan perendam. Kandungan tanin dalam anggur merah bisa membantu melembutkan daging.

Saus tomat
Tomat juga mengandung asam yang cukup tinggi. Maka melumuri daging dengan saus tomat juga bisa membantu membuatnya empuk. Kandungan asam ini juga menjadi alasan utama mengapa tomat dijadikan sebagai saus BBQ dan dioleskan ke atas daging sebelum dibakar.

Bir
Seperti halnya wine, bir juga bisa mengempukkan daging sekaligus menambah rasanya. Senyawa tanin dan Alpha Acid dalam bir punya peran penting dalam proses ini. Caranya, rendam saja daging dalam bir selama satu jam.

Masak Daging dengan Obat Sakit Kepala Bikin Empuk Viral, 'Beneran' Ampuh?

Cola
Mungkin Moms sudah sering mendengar aneka olahan daging yang dimasak dengan campuran cola. Selain menghasilkan rasa yang unik, ternyata cola juga berperan untuk mengempukkan daging. Rendam daging dalam cola (bukan cola diet) minimal 30 menit. Kandungan asam dalam cola menjadi katalis untuk melembutkan otot daging.

Jahe
Enzim proteolitik alami yang terkandung dalam jahe berfungsi untuk mengurai ikatan protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk. Lumuri daging dengan jahe yang sudah diparut selama beberapa menit sebelum mengolahnya.

Kopi
Selain nikmat diminum, kopi juga menjadi bahan pelembut daging alami sekaligus memperkuat rasa daging. Untuk menggunakannya, panaskan satu gelas kopi kental, kemudian dinginkan dan gunakan untuk merendam daging. Rendam selama 24 jam sampai daging empuk baru diolah.

Mentega susu dan yogurt
Kedua bahan ini memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Produk ini juga mengandung kalsium yang bisa mengaktifkan enzim dalam daging untuk memecah protein.

Nanas, kiwi, dan pepaya
Buah-buahan ini mengandung enzim nabati yang mampu melarutkan protein dan jaringan ikat pada daging. Untuk mengempukkan daging, buah-buahan ini bisa dihaluskan atau dipotong tipis. Kemudian gunakan untuk melumuri daging dan diamkan beberapa jam sebelum dimasak.

Nah Moms, jadi jangan gunakan obat sakit kepala, ya. Ada 10 bahan alami yang bisa Moms gunakan sebagai pengempuk daging. Selamat mencoba.