1. Pendarahan Implantasi dan Kram

Tanda awal kehamilan yang mudah kamu kenali adalah terjadinya pendarahan implantasi atau bercak merah dan terasa kram di perut. Ya, gejalanya hampir mirip dengan menstruasi, tapi kondisi ini biasanya terjadi satu atau dua minggu, sebelum waktu menstruasimu tiba. Kalau selama ini siklus menstruasimu teratur (28 hari), maka kamu akan mengalami bercak merah dan perut kram di minggu ketiga (sekitar hari ke-20 hingga hari ke-24) atau seminggu sebelum jadwal menstruasi tiba. 
 

source: http://www.hindustantimes.com


 

baca juga

2. Payudara Nyeri dan Membesar

Perubahan pada payudara juga menjadi tanda awal kehamilan. Jadi hormon akan mengirim sinyal ke payudara, sehingga menyebabkannya terasa nyeri, lembut dan terasa berat. Selain itu payudara seolah membesar, begitu pula dengan areola, bagian hitam di sekitar puting menjadi lebih lebar dan warnanya menghitam. Biasanya kamu merasakan perubahan pada payudara ini sekitar 2 minggu setelah hamil. 

 

source: https://obgynwc.com


 

3. Kelelahan

Kelelahan tanpa alasan juga bisa menjadi gejala awal kehamilan lho, Moms. Lonjakan kadar hormon progesteron bisa membuatmu merasa lelah dan mengantuk setiap saat. Selain itu, saat tubuh mulai menghasilkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin, kamu juga jadi cepat merasa lelah.  Ditambah lagi kamu tidak mendapatkan cukup mineral, vitamin, zat besi, dan cairan dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Oleh karena itu, saat hamil konsumsilah makanan bergizi, dan hindari kafein juga alkohol, serta banyak beristirahat.
 

source: http://resveralife.com


 

baca juga

4. Mual

Mual juga menjadi salah satu tanda yang bisa memberitahumu kalau tubuhmu sedang mengandung. Kondisi ini akan terjadi di awal, bahkan sebelum kehamilan terkonfirmasi. Selain mual, calon ibu biasanya merasa lemas dan lelah. 
Meski terasa mual sepanjang hari, namun di pagi hari mual menjadi lebih parah sehingga kondisi ini disebut morning sickness. Hormon HCG (human chorionic gonadotrophin) meningkat selama kehamilan sehingga menyebabkan perasaan mual ini. Tapi tenang saja, mualmu akan membaik seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Memasuki bulan keempat kehamilan mual akan hilang secara perlahan. 
 

source: https://www.cbsnews.com