Melansir dari WorldofBuzz, para ahli kesehatan yang bekerja di Rumah Sakit Mount Alvernia memberikan peringatan yang cukup serius untuk semua orang agar selalu menjaga dan memperhatikan asupan hariannya. Mereka juga menggarisbawahi bahwa asupan natrium yang berlebihan sangat berbahaya dan berdampak serius bagi kesehatan tubuh. Selain itu, mereka juga mengatakan bahwa hotpot hanya boleh dikonsumsi satu atau paling banyak dua kali sebulan. Para ahli juga sudah mendata tujuh jenis kaldu populer beserta kandungan natriumnya yang berbahaya bagi tubuh.

Waspada Bahaya Hotpot Untuk Kesehatan, Cuma Boleh Dimakan Sebulan Sekali?
source: https://www.muenchen-sehen.de/

Tidak hanya hotpot, berbagai sup yang dijual di restoran juga mengandung kadar natrium yang sangat tinggi. Beberapa jenis sup yang Mommy pikir lebih sehat, seperti sup tomat atau sup jamur, ternyata juga mengandung natrium masing-masing mengandung 3.840mg dan 5.723mg. Padahal, manusia sebenarnya hanya disarankan untuk mengonsumsi setidaknya mengonsumsi 2.000 mg per hari atau sekitar 1 sendok teh garam.

Selain itu, para ahli juga mengatakan bahwa kaldu pedas memiliki kandungan lemak tinggi karena mereka menggunakan banyak sekali minyak. Beberapa kaldu dalam hotpot juga menambahkan santan atau daging berlemak di dalamnya. Ini tentu akan meningkatkan kandungan lemak jenuh yang dikonsumsi seseorang.

Waspada Bahaya Hotpot Untuk Kesehatan, Cuma Boleh Dimakan Sebulan Sekali?
source: https://recipecontent.fooby.ch/

Selain itu, bahan-bahan makanan yang dipilih untuk dimasak di dalam air kaldu juga memengaruhi nilai gizi juga. Berbagai gorengan, makanan olahan, hingga saus berkontribusi besar dalam membuat makanan ini cukup berbahaya untuk dikonsumsi terlalu sering.

baca juga

Tips Hotpot Sehat dari Ahli Kesehatan

Tapi jangan khawatir, Mommy masih bisa membuat hotpot sendiri versi rumah yang sehat. Berikut ini beberapa tips yang harus dicoba:

  1. Pilih kuah sup bening dengan rasa yang lebih ringan. Selain itu, pilih juga sup dengan bahan dasar sayuran seperti jamur atau kol.
  2. Perbanyak isian sayuran dalam hotpot dan kurangi terlalu banyak meminum kuah hotpot.
  3. Hindari makanan daging berlemak dan perbanyak ayam dan ikan segar. Tahu juga sangat disarankan untuk menjadi asupan protein yang baik tanpa lemak.
  4. Hindari makanan olahan seperti bakso, sosis, dan gorengan karena mereka tinggi sodium.
  5. Jangan makan hotpot bersama dengan minuman manis yang hanya menambah kalori yang tidak perlu pada asupan harianmu.
  6. Batasi saus celup dan pilih yang lebih sehat seperti bawang putih cincang dan cabai potong segar dengan sedikit kecap asin.
  7. Pastikan semua daging yang dimakan sudah matang.
Waspada Bahaya Hotpot Untuk Kesehatan, Cuma Boleh Dimakan Sebulan Sekali?
source: https://www.groupon.de/

Pihak Rumah Sakit Mount Alvernia juga menyarankan masyarakat untuk hanya mengkonsumsi hotpot sekali atau dua kali sebulan. Ini penting untuk menghindari obesitas dan beberapa risiko penyakit kronis lain seperti jantung dan stroke.