Ada saja noda pakaian yang sulit hilang meski telah direndam dan dicuci seperti biasa. Salah satunya adalah noda bintik hitam. Noda ini biasanya timbul lantaran pakaian kotor dalam keadaan basah namun tak dijemur. Jika warna baju berwarna cerah seperti putih akan sangat mengganggu ya moms. Terlebih noda tidak bisa hilang meski dicuci mesin. Sudah bisa ditebak baju tersebut tak akan dikenakan lagi. Amat disayangkan jika terjadi pada baju kesayangan moms. Nah dikutip dari berbagai sumber berikut trik mudah untuk menghilangkan noda tersebut moms.

Gunakan Cuka untuk Membersihkan Noda

Moms bisa memanfaatkan cuka untuk menghilangkan noda hitam pada pakaian. Bintik hitam yang berkumpul di salah satu sisi pakaian bisa moms hilangkan dengan satu cangkir cuka. Cara ini bisa dilakukan baik menggunakan mesin ataupun mencuci secara manual. Moms cukup memberikan takaran cuka tersebut ke dalam ember yang telah berisi air. Rendam pakaian lalu kucek, bintik hitam akan segera hilang dari baju moms.

Jika moms menggunakan mesin cuci moms bisa menyiaktnya terlebih dahulu, pada bagian noda tersebut. Kemudian moms tinggal memasukan cuka dan deterjen pada tempatnya. Gunakan air panas atau suhu tinggi pada mesin cuci moms. Cuci pakaian, bilas dan keringkan. Oia, deterjen akan membantu menghilangkan bau cuka pada pakaian moms.

Gunakan Cuka untuk Membersihkan Noda
baca juga

Pakailah Boraks

Bahan lain yang bisa menghilangkan noda hitam pada pakaian adalah boraks. Moms bisa memanfaatkan bahan ini untuk menghilangkan noda pada pakaian, seperti bintik hitam dan semacamnya. Tak hanya bintik hitam, bahan satu ini juga bisa menghilangkan berbagai macam noda, termasuk Warna kuning pada baju yang telah lama dilipat di lemari. Moms bisa merendam baju pada air panas yang sudah terlebi dahulu dilarutan boraks. Hati-hati pada kain yang tak tahan suhu panas tinggi. Coba periksa aturan perawatan kain, pada lebel baju moms sebelum melakukan cara ini.

Pakailah Boraks

Hilangkan Noda dengan Pemutih

Bukan jadi rahasia lagi pemutih mengangkat kotoran membandel, terutama untuk baju-baju berwarna putih. Noda jamur pada pakaian juga akan hilang dengan bahan yang satu ini. Tuangkan pemutih sesuai takaran pada kemasan ke dalam ember yang telah di isi air panas. Kemudian coba rendam pakaian dengan cairan tersebut selama 30 menit. Selanjutnya moms bisa mencucinya kembali dengan deterjen, membilas dan mengeringkannya. Meski efektif menghilangkan noda, pemutih juga beresiko merusak warna jika digunakan pada baju berwarna. Oleh karena itu, coba baca kembali aturan pakainya di kemasan.

Hilangkan Noda dengan Pemutih

Setelah dihilangkan dengan salah satu bahan di atas, selanjutnya moms harus mengeringkan pakaian tersebut. Jemur pakaian di bawah sinar matahari langsung. Ingat sinar matahari akan membantu menghilangkan noda jamur tersebut. Jemur pakaian berwarna dengan membaliknya, yakni bagian dalam di luar, sehingga warna tak mudah pudar.

baca juga

Agar Pakaian Tidak Berjamur Atau Berbintik Hitam

Merawat pakaian gampang-gampang susah ya, moms. Ini bergantung pada bahan pakaian. Namun demikian jika bintik hitam menjadi kekhawatiran, moms bisa menjaganya agar tidak terkena noda tersebut. Caranya mudah, moms harus memastikan baju dalam keadan kering meski kotor. Jika pakaian moms basah jemur dan jangan coba ditaru di ember. Karena kondisi lembab membuat jamur mudah menempel, sehingga bintik hitam pun tak bisa dihindari.

Untuk menghindarinya, moms juga bisa dengan memastikan tidak mrendam pakaian terlalu lama. Selain merusak serat kain, merendam bisa menimbulkan jamur pada pakaian. Jangan lupa tempatkan busana yang kotor di temapat kering.

Agar Pakaian Tidak Berjamur Atau Berbintik Hitam