1. Sayap ayam

Dilansir dari FoodDetik, makanan pertama yang dianggap tabu saat perayaan Imlek adalah sayap ayam. Walaupun banyak orang yang menggemari sayap ayam, namun makanan ini dilarang disajikan saat perayaan Tahun Baru China. Hal ini didasari dengan sayap ayam yang identik dengan 'terbang'. Orang China percaya sayap ayam dapat membuat keberuntungan atau usaha seseorang 'terbang' begitu saja. Dalam arti, jerih payah atapun rejeki bisa hilang dan lenyap seketika.
1. Sayap ayam
source: https://www.chicpeajc.com/

2. Makanan putih

Biasanya perayaan Imlek identik dengan warna merah dan emas yang meriah. Sebab, kedua warna tersebut dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan. Berbeda dengan warna putih, makanan yang memiliki warna putih ini cenderung dihindari saat Imlek. Sebab, warna putih memiliki simbol duka atau kematian. Sehingga, makanan yang berwarna putih dianggap tabu. Tentunya, tidak ada yang menginginkan kabar duka ataupun kematian saat perayaan Imlek.
2. Makanan putih
source: http://www.istockphoto.com
baca juga

3. Sarapan bubur

Selain memiliki warna putih, sarapan pagi dengan bubur juga dianggap tabu saat perayaan Imlek berlangsung. Hal ini dikarenakan bubur dipercaya membawa kemiskinan bagi orang China. Alasan ini didasari oleh cerita rakyat yang terkenal. Dikisahkan ada seorang anak yang malas dan tidak berbakti dengan orang tuanya hingga orang tuanya meninggal dunia. Sang anak kemudian hidup dengan warisan orang tuanya yang tidak seberapa dan hanya makan bubur encer yang terbuat dari beberapa butir nasi dan air.
3. Sarapan bubur
source: http://www.haibunda.com

4. Kepiting

Walaupun daging kepiting rasanya lezat dan berkesan mewah, namun makanan seafood ini tidak boleh berada di meja makan saat Imlek. Ya, kepiting juga dianggap makanan tabu. Kepiting memiliki filosofi yang buruk, yaitu dapat membuat masa depan seseorang menjadi buruk atau suram. Kepiting juga dianggap membawa maksud buruk, yaitu seseorang yang tidak bisa menggapai cita-cita atau kesuksesan. Hal ini didasari dari cara jalan kepiting yang menyamping dan miring. Cara jalan tersebut dianggap 'tidak lurus' sehingga dianggap tidak maju atau tidak fokus pada tujuan.
4. Kepiting
source: http://www.pixabay.com
baca juga

5. Ikan tanpa ekor dan kepala

Memasak ikan tanpa ekor dan kepala mungkin memiliki maksud bagus, agar tampilan ikan cantik dan bersih. Namun ternyata cara pengolahan ikan ini dianggap tabu saat perayaan Imlek. Ikan tanpa kepala dan ekor ini dianggap dapat membawa kesialan dalam hidup. Hal ini dikarenakan orang China percaya sesuatu yang baik dimulai dari kepala dan berakhir di ekor. Tidak hanya itu, membalikkan badan ikan juga dianggap tabu. Sebab, membalikkan ikan dapat membuat usaha atau keuangan seseorang bangkrut.
5. Ikan tanpa ekor dan kepala
source: http://www.istockphoto.com
Nah, itu dia 5 makanan yang dianggap tabu saat perayaan Tahun Baru China. Bila Moms merayakan Imlek, sebaiknya hindari kelima makanan tersebut ya, agar keberuntungan berpihak pada Moms!