Merah memang merupakan warna yang begitu identik dengan Imlek. Warna ini adalah warna yang tidak disukai oleh hewan mitologi bernama Nian. Nian adalah perlambang musibah dan marabahaya, maka dengan memakai warna merah masyarakat Tionghia berharap agar terhindar dari hal buruk yang dibawa Nian. Meski sudah jadi tradisi untuk memakai pakaian merah ketika Imlek, tapi tak ada salahnya lho mencoba memakai pakaian warna lain yang tetap mencerminkan keakraban dan kemeriahan Imlek.

Batik

Batik memang selalu cocok dikenakan untuk semua acara formal, termasuk untuk merayakan Imlek. Jika tidak ingin memakai cheongsam tradisional, memakai dress batik dengan sentuhan chinesse seperti kerah dan kancing Cina bisa dijadikan pilihan. Batik yang memiliki beragam motif dan warna tentu sejalan dengan gambaran Imlek yang meriah dan membahagiakan.

Batik
baca juga

Kuning

Selain warna merah, warna lain yang juga dipercaya etnis Tionghoa sebagai pembawa "ong" atau keberuntungan yaitu emas. Jika kesulitan mencari busana dengan warna emas, warna-warna lain yang mendekati seperti kuning, mustard, atau terracota bisa jadi opsi. Pilih baju dengan potongan yang nyaman dan memiliki detail ala chinesse agar suasana Imlek semakin terasa.

Kuning

Warna Dasar Putih dengan Motif Biru

Biasanya biru adalah warna motif untuk baju dengan warna dasar putih yang dikhususkan sebagai pakaian Imlek. Meski terlihat cukup klasik tapi warna busana ini masih menjadi salah satu warna favorit untuk pakaian raya Imlek. Motif berwarna biru yang digambarkan untuk pakaian ini biasanya bertemakan makhluk-makhluk mitologi Cina seperti naga atau burung.

Warna Dasar Putih dengan Motif Biru
baca juga

Motif Floral

Pakaian yang begitu jelas menggambarkan kebahagiaan serta keceriaan tentu saja pakaian bermotif floral. Busana bermotif floral akan sangat cocok untuk dijadikan pakaian perayaan, termasuk Imlek. Baik itu berupa atasan maupun dress, motif floral akan menjadikan penampilan terlihat menarik. Motif ini juga cocok untuk dikenakan baik pada acara formal maupun kasual.

Motif Floral

Hitam

Untuk penampilan yang glamour dan elegance, hitam adalah warna yang tepat. Saat ingin merayakan Imlek dengan tampilan sedikit ekstra, maka pilihlah busana hitam. Tapi perlu diingat, karena ini merupakan perayaan yang meriah serta bahagia, maka usahakan untuk tidak memilih busana dengan warna hitam polos. Sebaiknya pilih busana hitam dengan motif yang menarik.

Hitam

Tabrak Motif

Tak ada yang salah dari keinginan untuk tampil beda, termasuk saat berkumpul bersama keluarga ketika Imlek. Lupakan dress cheongsam tradisional yang sudah dipakai setiap tahun. Kini saatnya mencoba cheongsam modern dengan detail unik seperti tabrak motif. Penampilan ini selain akan terlihat memukau juga akan menarik perhatian seluruh anggota keluarga.

Tabrak Motif