Sebelum menjadi Aria yang sekarang, di tahun 2018 lalu setelah melakukan bedah bariatrik atau pemotongan lambung, beratnya sudah berkurang menjadi 97 kg. Meski begitu, Aria harus tetap menjalani operasi plastik untuk mengurangi kulit bergelambir yang menumpuk di tubuhnya.

Seperti dilansir HealthDetik, binaragawan Ade Rai membagikan video transformasi Aria Permana, bocah yang sempat jadi perhatian media internasional karena bobotnya nyaris 200 kg. Video yang diunggah di Instagram tersebut viral di media sosial.

Bocah Karawang yang sempat jadi perhatian media internasional dan dijuluki 'bocah tergemuk di dunia'. Video tersebut viral di media sosial. Aria Permana, demikian nama lengkapnya, adalah bocah asal Karawang kelahiran 15 Februari 2006. Anak dari Ade Somantri, dan Rokayah ini sempat mencuri perhatian dunia saat berat badannya menyentuh angka 192 kg di usia 9 tahun, pada Agustus 2016 lalu.

Transformasi Perubahan Aria Permana, Sempat Gemuk dengan BB Nyaris Mencapai 200 Kg
"Fitnessmania, sekali lagi jangan salah paham ya... cerita SUKSES @ariaa.prm murni karena pola perilaku aria sendiri dan keluarga nya serta dukungan medis yg di dapatkan aria selama ini, saya lebih sekedar memotivasinya saja," tulis Ade Rai dalam caption Instagramnya.
source: https://www.instagram.com/ade_rai/

Dalam video tersebut, Ade Rai menampilkan kondisi Aria sejak bobotnya nyaris 200 kg hingga kondisi terbarunya yang sudah jauh lebih ramping. Aria versi sekarang juga tampak lebih aktif dalam video tersebut. Banyak netizen terkagum-kagum dengan transformasi menakjubkan ini.

Ade Somantri, ayah Aria, ikut menanggapi komentar dari unggahan video transformasi yang kembali viral di Twitter maupun Instagram.

"Aria berhasil menurunkan berat badan itu karena medis hasil operasi penyempitan lambung, pengaturan pola makan, dan olahraga teratur," jelasnya saat dihubungi detikcom, Rabu (22/1/2020).

Transformasi Perubahan Aria Permana, Sempat Gemuk dengan BB Nyaris Mencapai 200 Kg
source: https://health.detik.com/

Menurutnya, keberhasilan Aria kini bukan semata-mata karena melakukan fitness saja. Tapi beberapa faktor lain juga mendukung perubahan drastis yang dialami tubuh Aria.

"Kalau menurut saya, keduanya lebih baik dan menunjang," tegasnya.

Ia menjelaskan, baik olahraga maupun penanganan medis, dua-duanya sama-sama membantu Aria dalam proses penurunan berat badan. Kini Aria dikabarkan akan menjalani operasi gelambir kulit tahap kedua.