Baby Blues pada Ayah

Meski Namanya sama, baby blues yang dialami ayah berbeda dengan baby blues pada ibu ya moms. Hal in disebabkan karena baby blues pada ayah tidak terjadi akibat perubahan hormon sebagaimana yang terjadi oleh ibu. Ibu yang mengalami proses hamil dan melahirkan serta menyusui. Meski demikian bukan tanpa sebab terjadinya babyblues pada ayah moms. Adapun yang membedakan yakni adanya perubahan gejolak batin dimana sebenarnya hal tersebut sangat umum terjadi dan bisa mengubah kondisi diri ayah.

Baby Blues pada Ayah

Faktor Penyebab Terjadinya Baby Blues pada Ayah

Adanya baby blues yang dialami ayah merupakan suatu hal yang wajar namun harus segera diatasi. Apalagi bagi ayah baru yang perlu beradaptasi lebih banyak dengan kehadiran sang buah hatinya. Adapun beberapa faktor yang memberikan gejolak batin pada ayah sebagai berikut:

  • Tidak siap menjadi ayah. Kehadiran seorang bayi tentulah menjadikan tanggung jawab baru bagi ayah bukan? Nah hal tersebut menjadi salah satu alasan moms. Tidak hanya itu, bahkan ada yang berpikir bahwa kehadiran bayi tersebut juga bisa menjadi salah satu momen terhentinya kebebasan ayah sebagai diri sendiri.
Faktor Penyebab Terjadinya Baby Blues pada Ayah
  • Takut dengan peran baru. Sebagian laki-laki yang belum menyiapkan mentalnya untuk menjadi ayah pasti akan kebingungan. Terlebih jika dia memiliki masalah dengan ayah pada masalalunya. Pasti sangat membuatnya berpikir panjang untuk peran barunya.
  • Kekhawatiran uang. Merupakan suatu hal yang wajar jika sang ayah mulai memikirkan tentang masalah finansial yang akan dihadapi. Karena kehadiran bayi tentunya akan menambah pengeluaran dari sebelumnya bukan moms? Meski pada dasarnya setiap anak akan membawa rejekinya masing-masing.

Nah moms, untuk mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa tips untuk mengatasi baby blues yang dialami oleh ayah!

baca juga

Berikan Pengertian Satu Sama Lain

Cara pertama yang perlu dilakukan saat ayah mengalami babyblues adalah mengajak komunikasi secara internal moms. Mulailah mengatasinya dengan bicara dari hati ke hati . tunjukkan rasa empati yang mendalam untuk mengetahui titik cemas bagian mana yang sedang dikhawatirkannya. Doronglah ayah untuk berbagi apa yang sedang menghantui dirinya, jadilah orang yang bisa diandalkan untuk saat sedih yang dialaminya moms.

Berikan Pengertian Satu Sama Lain

Jauhkan Pikiran dari Orang-orang Negatif

Dalam kondisi ini, tidak semua orang mampu memahami apa yang dialami oleh ayah, moms. Maka ajaklah ayah untuk mengomunikasikan dengan orang yang memiliki pikiran terbuka serta positif, moms. Karena berkomunikasi dengan orang yang positif akan menambah energi positif pada diri ayah.

Jangan sampai salah orang, moms. Karena hal ini bisa jadi akan membuat ayah semakin depresi dan tertekan, apalagi jika dikomunikasikan kepada mereka yang suka meremehkan kondisi ayah. Tentunya akan berdampak buruk moms.

baca juga

Konsultasi ke Dokter atau Para Ahli

Jika sudah melalui kedua tahap tersebut namun juga belum menemukan langkah konkrit dan telah berangsur lama, maka mulailah untuk mengajaknya ke dokter atau para ahli moms. Hal ini akan membantu ayah untuk menyelesaikan atau mengurangi kegelisahannya akibat baby blues ini. Hal ini sangat perlu dilakukan agar ayah bisa kembali tenang dan melakukan perannya dengan sebagaimana mestinya. 

Konsultasi ke Dokter atau Para Ahli