Sering ditemui pada kue tart sebagai hiasan, nyatanya buah ceri memiliki segudang manfaat moms. Mengandung banyak vitamin termasuk C dan Vitamin K, buah ceri baik untuk daya tahan tubuh. Semanis rasanya, buah ceri membuat hidup moms lebih menyenangkan karena membantu mencegah beberapa penyakit kronis seperti jantung, hingga insomnia yang juga bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Buah ini juga menjadi pilihan tepat saat moms tengah menjalani diet. Alasannya tentu bukan hanya rendah kalori, tapi juga tinggi akan serat, serta dapat menjaga pencernaan tetap sehat. Lebih jauh lagi  berikut 5 manfaat buah ceri untuk tubuh yang berhasil dilansir dari berbagai sumber.

Menurunkan Berat Badan

Jika moms memiliki rencana untuk melakukan program penurunan berat badan, moms bisa memilih ceri sebagai buah untuk mewujudkannya. Ceri mengandung rendah kalori. Dilansir dari laman Cookinglight, sekitar satu cangkir ceri mengandung 90 kalori. Buah ini juga kaya akan vitamin yang mampu memperkuat metabolisme tubuh. Banyak mengandung air, ceri efektif mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 

Menurunkan Berat Badan

Ada banyak cara mengonsumsi buah ceri. Moms bisa mengonsumsinya secara langsung  atau dimakan dengan hidangan lain. Seperti misalnya dicampurkan pada yogurt dan oatmeal untuk sarapan di pagi hari. Saat cuaca panas ceri bisa juga moms nikmati dengan dibuat smoothies. Makin semangat ya dietnya, selain dapat manfaatnya dimakan dengan cara apapun ceri tetap manis.

baca juga

Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Kandungan serotonin dan melatonin di dalam ceri akan membuat moms jatuh tertidur dan bangun dalam kondisi lebih segar. Beberapa penelitian bahkan mengatakan buah ceri tak hanya membuat moms memiliki kualitas tidur yang baik, melainkan menyembuhkan insomnia. Seperti diketahui melatonin merupakan hormon yang membuat moms tertidur lebih nyenyak. Melatonin sendiri diproduksi oleh kelenjar pineal di otak. Kelenjar Ini diketahui berguna mengatur siklus tidur dan bangun serta mengontrol waktu tidur. Meski memiliki bentuk yang mungil kandungan triptofan mendorong rasa kantuk  pada tubuh moms. Jadi tunggu apalagi, mulailah menyingkirkan pil tidur dan beralih dengan yang alami, seperti mengonsumsi buah ceri.

Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Mencegah Penyakit Jantung

Meningkatkan konsumsi buah-buahan yang padat nutrisi seperti ceri bisa mencegah moms dari penyakit jantung. Apalagi ceri dikenal banyak mengandung antioksidan, kalium dan polifenol. Kedua nutrisi dan senyawa tersebut dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sekitar 154 gram ceri mengandung 10% potasium, sebuah mineral yang dapat menjaga jantung moms tetap sehat. Kandungan okisdan dalam ceri juga membantu moms terhindar dari berbagai penyakit jantung lainnya, termasuk kardiovaskuler. Antioksidan dalam ceri disebut anthocyanin membantu mengurangi kadar kolesterol jahat, mengatur tekanan darah dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan. Ini mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Buah ini juga mengandung pigmen karotenoid seperti beta-karoten dan vitamin C, keduanya memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Mencegah Penyakit Jantung
baca juga

Mengobati Asam Urat

Asam urat banyak dialami mereka yang telah memiliki usia lanjut. Penyakit ini disebabakan oleh produk limbah yang disebut asam urat mengkristal di sendi-sendi. Sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Bahkan hingga mengalami pembengkakan. Buah ceri menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi penderita. Buah ceri menjadi buah yang tepat untuk mengobati peradangan pada sendi yang diakibatkan oleh asam urat. Peradangan yang menyebabkan bengkak, dan rasa cukup sakit  bisa dikurangi. Hal ini karena ceri mampu mengambat oksidatif dan menghentikan peradangan.

Dilansir dari laman Health, sebuah penelitian menunjukkan penderita yang mengonsumsi ceri selama dua hari sekitar 35 persen lebih rendah terserang asam urat, dibandingkan dengan mereka yang tak mengonsumsi buah ceri. Selain itu ceri juga efektif mengobati encok moms.

Mengobati Asam Urat

Anti Penuaan dan Buat Rambut Berkilau

Buah ceri juga menjadikan moms tampak awet muda dan membuat rambut tampak berkilau. Antioksidan pada ceri membuat radikal bebas sirna, sehingga kulit kusam pun tinggal kenangan. Bintik hitam pada kulit juga mudah hilang berkat konsumsi ceri ataupun memanfaatkannya sebagai masker. Caranya cukup haluskan beberapa buah ceri dan campur dengan sejumput kunyit dan satu sendok teh madu. Oleskan pasta ini selama 10-15 menit dan kemudian bilas. Sementara untuk wujudkan rambut cantik dan berkilau. Hal ini karena kandungan Vitamin B,  dan Vitamin C pada tubuh moms.

Anti Penuaan dan Buat Rambut Berkilau