Bagi yang sedang menjalani program diet, penting mengetahui jenis-jenis makanan penekan nafsu makan. Pasalnya, saat program diet berlangsung, jumlah asupan akan dibatasi dan menimbulkan rasa lapar. Tidak perlu menggunakan obat penahan nafsu makan, cukup mengonsumsi makanan alami ini yang tentu tidak menimbulkan efek negatif pada tubuh. Untuk meminimalisir asupan yang berlebihan, moms perlu ketahui makanan penekan nafsu makan di bawah ini.

Telur

Telur mengandung protein dan lemak yang membantu menekan nafsu makan. Sehingga telur sering dijadikan menu sarapan dan menu diet karena membuat seseorang merasa kenyang dalam waktu yang lama. Saat diet, sebaiknya konsumsi telur yang diolah dengan cara direbus dan tidak digoreng, moms. Terlebih lagi telur mengandung banyak nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin D, asam folat, zat kolin, lutein, dan zeaxanthin. Kandungan-kandungan tersebut baik untuk kesehatan mata dan otak. Gizi pun akan tetap teroenuhi selama diet.

Telur
baca juga

Madu

Madu memiliki zat pemanis alami yang lebih baik dibandingkan gula pasir. Kandungan fruktosa dan glukosa yang tinggi membuat madu mampu menekan nafsu makan secara alami. Dimana hormon lapar ghrelin akan tertahan dan seseorang menjadi kenyang dalam durasi yang lebih panjang. Madu yang dihasilkan oleh lebah tentu banyak sekali kandungannya di antaranya adalah vitamin C, katalase, chrysin, pinobanksin, dan pinocembrin. Untuk moms yang sedang diet, konsumsilah madu yang dilarutkan di dalam air hangat.

Madu

Cokelat Hitam

Coklat memang terkenal membuat seseorang cepat gendut, namun berbeda dengan coklat hitam yang memiliki rasa pahit dengan kandungan gula yang sangat rendah. Rasa pahit dari cokelat hitam memberi sinyal ke otak dan tubuh untuk mengurangi nafsu makan. Namun, cokelat hitam mempunyai manfaat antioksidan yang diperlukan tubuh, serta kandungan flavanol yang mampu menurunkan darah tinggi. Ditambah kandungan serat, mangan, potassium, magnesium, selenium, phosphorus, zinc, zat tembaha, dan iron.

Cokelat Hitam
baca juga

Buah Tinggi Kandungan Vitamin C

Buah yang tinggi kandungan vitamin C-nya tentu jeruk dan jeruk bali. Kedua buah ini mampu mengurangi nafsu makan. Sumber vitamin C yang tinggi juga bisa kamu temui pada buah kiwi, jambu biji, manga, nanas, stroberi, dan pepaya. Buah yang mengandung vitamin C tidak hanya mampu menekan nafsu makan, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh, mata, sekaligus menstabilkan kadar gula darah.

Buah Tinggi Kandungan Vitamin C

Cabai Rawit

Tidak semua orang suka pedas. Padahal cabai rawit dipercaya mampu menekan nafsu makan bagi seseorang yang tidak terbiasa makan pedas atau tidak menyukainya. Beragam manfaat juga dirasakan dari mengonsumsi cabai rawit seperti mampu melancarkan metabolism, mencegah tekanan darah tinggi dan menekan pembekuan darah.

Cabai Rawit