Bukan rahasia lagi ya moms sayuran hijau banyak mengandung nutrisi. Terlebih untuk memenuhi kebutuhan si kecil. Ada banyak sayuran hijau yang bisa diolah untuk menu pendamping ASI, salah satunya kale. Termasuk jenis kubis kale kaya akan vitamin K, A,C dan B6. Jenis sayuran ini juga banyak mengandung kalsium, zat besi dan folat. Kandungan yang luar biasa tersebut tentu tak diragukan lagi. Kale baik untuk tumbuh kembang bayi. Berikut manfaat mengonsumsi kale yang dilansir dari berbagai sumber:

Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Sumber vitamin C, mengonsumsi kale baik untuk tumbuh kembang si kecil. Vitamin C tak hanya menjaga daya tahan tubuh si kecil tapi juga membantu membentuk sel darah merah, sel tulang dan jaringan tubuh. Memperkuat pembuluh darah, si kecil pun tak mudah memar moms. Seperti diketahui semakin bertambah usia si kecil makin aktif melatih tubuhnya. Vitamin C juga mencegah infeksi dan memperkuat gusi. Kandungannya cukup untuk kebutuhan harian, sehingga penyerapan zat besi pada tubuh si kecil pun lebih maksimal. Anemia pada si kecilpun bisa dicegah.

Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak
baca juga

Memenuhi Kebutuhan Vitamin K

Selain vitamin C, kale juga kaya akan kandungan vitamin K. Penting untuk moms memenuhi kebutuhan vitamin k si kecil. Vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk melalukan pembekuan darah. Tanpa vitamin K, luka kecil akan bisa menjadi cidera parah karena darah yang akan terus mengalir. Pada orang dewasa vitamin K diporduksi oleh usus dan asupan makanan mengandung vitamin K. Namun pada bayi dalam kandungan hal ini tidak bisa terjadi lantaran kandungan vitamin K dari ibu tidak bisa melewati plasenta.

Tak heran bayi baru lahir diberi suntikan vitamin K, karena jumlah vitamin K yang sangat sedikit dalam tubuhnya. Vitamin K ini disuntikkan sambil menunggu usus bayi berkembang sempurna hingga dapat memproduksi vitamin K sendiri. Selain dari usus vitamin K juga didapatkan dari makanan yang dikonsumsi si kecil. Jadi tunggu apalagi moms siapkan menu mpsi dari sayuran kale yuk!

Memenuhi Kebutuhan Vitamin K

Cegah Penyakit Kanker

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal inilah yang bisa moms lakukan dengan memberi si kecil mpasi terbuat dari kale. Dikutip dari laman health.com, kale memiliki senyawa yang  memilik efek melindungi tubuh dari penyakit kanker. Terdapat dua zat pada kale dalam menangkal penyakit yang satu ini, yakni  sulforaphane dan indole-3-carbinol.  Jadi ngga ada salah ya moms memberikan Mpasi terbuat dari kale. Agar si kecil tak bosan bisa dicampur dengan buah atau sayur lainnya seperti buah apel dan sayur wortel.

Cegah Penyakit Kanker
baca juga

Baik Untuk Kesehatan Mata

Penglihatan bayi semakin baik seiring bertambahnya usia. Sejak usia 1 bulan bayi sudah mulai melihat. Namun baru pada usia dua bulan mengenali wajah moms, benda berwarna dan orang-orang di sekitarnya. Hingga pada usia 5 bulan nanti si kecil sudah bisa melihat secara jelas, meski dari jarak lebih jauh. Matanya juga sudah bisa mengikuti objek di depannya. Untuk menunjang pertumbuhan matanya, moms bisa memberikan makanan pendamping ASI yang kaya akan vitamin A.

Vitamin tersebut dapat ditemui pada kale. Kaya akan kandungan betakaroten dan antioksidan membuat kale cukup ideal memenuhi kebutuan vitamin A si kecil. Selain untuk penglihatan vitamin A, baik untuk kesehatan kulit dan mengurangi resiko terkena penyakit malaria.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Kale dapat menjadi sayuran yang mampu memenuhi kebutuhan kalium dan magnesium, mineral yang dibutukann untuk mengurangi terserang penyakit jantung. Selain penyakit jantung kandungan mineral mampu menurunkan resiko terkenal diabeges tipe 2. Yang tak kalah penting pada kale, yakni tidak memiliki kandunngan oksalat. Kandungan ini banyak ditemukan di sayuran hijau, kecuali kale. Kandungan tersebut dapat menghalau tubuh menyerap mineral dalam  tubuh.

Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Resep MPASI Kale dan Apel

Moms bisa membuat MPASI dengan mencampurkan kale dan apel. Keduanya menjadi kombinasi yang pas. Selain memiliki rasa yang manis dan tekstur yang coock untuk bayi, apel juga memiliki kandungan yang tak kalah penting dengan kale. Mengandung vitamin C, K,B6, antoksidan apel buah anti inflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan si kecil, meningkatkan kesehatan tulang, membantu fungsi paru-paru dan mencegah terkena penyakit kardiovaskular.

  • Siapkan buah apel yang telah dikupas dan cincang kasar dan ½ cangkir kale yang telah di potong-potong.

Cara membuatnya:

  • Kukus potongan apel selama dua menit atau hingga empuk.
  • Tambahkan kale di atas apel kukus kembali hingga 1 menit.
  • Hancurkan atau blender kedua bahan tersebut
  • Tambahkan 1/4 cangkir air, atau ASI. Banyaknya cairan yang ditambahkan bisa sesuai selera. Karena fungisnya agar tidak terlalu kental.  
  • Mpasi siap disajikan.
Resep MPASI Kale dan Apel