Meski tergolong aman, konsumsi paracetamol tidak boleh sembarangan, harus sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter atau tertera di petunjuk penggunaan obat. Berikut ini informasinya.

Panduan Pemberian Paracetamol untuk Anak

Jika si kecil sakit, Moms tidak boleh sembarangan memberi obat, termasuk paracetamol. Perhatikan beberapa hal dibawah ini sebelum memberikan paracetamol pada anak.

Jangan Asal, Moms! Perhatikan Dosis Tepat Pemberian Paracetamol Pada Anak Sesuai Usia
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTncN1AeL7zk1VG_AaxVMREA3wwrtwIfTfIcW5O9K3OkzDighcr
baca juga

Perhatikan Kandungan Obat

Sebelum memberikan obat kepada si kecil yang sedang sakit, perhatikan dulu kandungan obat yang tertera pada kemasan. Jika si kecil sudah mengonsumsi obat yang memiliki kandungan paracetamol sebelumnya, maka jangan berikan lagi. Hal ini bisa berbahaya dan menyebabkan overdosis.

Perhatikan Batas Usia Penggunaan

Paracetamol pada umumnya aman untuk digunakan oleh siapa saja, dari mulai bayi hingga orang dewasa. Namun, jika si kecil masih berusia dibawah tiga bulan, sebaiknya Moms berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengurangi efek samping yang akan terjadi pada bayi jika mengonsumsi paracetamol.

baca juga

Perhatikan Dosis Per Harinya

Konsumsi paracetamol tidak boleh terlalu sering, maksimal lima kalo dalam waktu 24 jam. Jarak waktu pemberian paracetamol pada anak antara 4-6 jam, tergantung pada suhu tubuh anak dan sakit yang dialaminya.

Berikan Takaran yang Tepat

Jika hal diatas sudah dilakukan dan si kecil aman untuk mengonsumsi paracetamol, Moms bisa memberikan paracetamol dengan takaran yang tepat. Sebaiknya, jangan gunakan ukuran sendok teh afau sendok makan. Gunakan sendok khusus obat yang biasanya sudah ada dalam kotak obat. Hal ini bertujuan agar takaran obat pas, dapat memberikan efek yang baik, dan tidak menyebabkan overdosis.

Dosis Pemberian Paracetamol untuk Anak

Untuk mendapat petunjuk mengenai dosia paracetamol untuk si kecil, Moms bisa melihat keterangan yang ada pada kemasan. Jika pada kemasan terter berdasarkan usia dan kisaran berat badan si kecil, Moms bisa melihat dari berat badan si kecil. Usia dan berat badan hanya perkiraan saja. Berikut ini tabel dosis paracetamol untuk anak dikutip dari Alodokter.

Berikan Takaran yang Tepat
Berikan Takaran yang Tepat

Apabila si kecil menimbulkan gejala yang tak biasa setelah mengonsumsi paracetamol, sebaiknya Moms segera menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian beberapa informasi terkait dosis paracetamol untuk anak. Semoga betmanfaat Moms!