Kacang panjang mudah didapati di kawasan Asia. Tanaman ini tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Umumnya yang dijadikan makanan adalah buah yang masih muda. Waktu memanennya cukup singkat, kurang dari dua bulan saja. Sayuran yang mudah didapat ini pun menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kaya akan Serat yang Baik untuk Pencernaan

Kacang panjang mengandung serat larut dan tidak larut air dalam jumlah besar. Kedua jenis serat ini penting untuk melindungi mukosa usus besar dengan mengurangi waktu paparan terhadap zat-zat beracun. Selain itu serat makanan juga dapat mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Manfaat serat lainnya adalah mengurangi kadar kolesterol LDL dengan mengurangi penyerapan asam empedu pengikat kolesterol di usus besar, seperti dilansir dari nutrition-and-you.com.

Kaya akan Serat yang Baik untuk Pencernaan
source: https://www.massagefreo.com.au/wp-content/uploads/2016/04/Massage-for-Digestive-System-Health-Disorders-Problems.jpg
baca juga

Salah Satu Sumber Folat Terbaik untuk Ibu Hamil

Kacang panjang merupakan salah satu sumber folat terbaik. Menurut USDA (National Nutrient data base), dalam 100 g kacang panjang terdapat 62 mg folat yang dapat 15% dari kebutuhan harian.

Folat bersama dengan vitamin B12 adalah salah satu komponen penting perkembangan DNA dan sel. Karena itu, folat sangat bermanfaat sebagai nutrisi bagi ibu hamil. Asam folat dapat mencegah cacat otak dan syaraf pada bayi.

Salah Satu Sumber Folat Terbaik untuk Ibu Hamil
source: https://iadsb.tmgrup.com.tr/c54b4d/645/344/8/0/1388/736?u=https://idsb.tmgrup.com.tr/2018/09/17/important-tips-for-pregnant-women-1537147169770.jpg

Meningkatkan Imunitas Berkat Kandungan Vitamin C

Dalam 100 g kacang panjang terkandung vitamin C sebanyak 18,8 mg yang cukup memenuhi 31% kebutuhan harian. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang larut dalam air, yang mampu membantu membangun kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Vitamin C juga berkontribusi untuk menjaga elastisitas pembuluh darah dan perlindungan dari kanker.

Meningkatkan Imunitas Berkat Kandungan Vitamin C
source: https://collectivehub.com/wp-content/uploads/2018/05/Fitbit_Versa_Lifestyle_Female_OutdoorRun-750x500.jpg
baca juga

Mengandung Banyak Vitamin A untuk Kesehatan Mata

VItamin A adalah salah satu vitamin penting yang sangat baik untuk mata. Dalam 100 g kacang panjang, terdapat 865 IU vitamin A. Ini lebih banyak dari keluarga kacang-kacangan lainnya seperti kacang lima dan buncis.

Selain meningkatkan kualitas penglihatan di malam hari, vitamin A juga dapat mempertahankan kekuatan jaringan lapisan kulit dalam dan mencerahkan kulit.

Mengandung Banyak Vitamin A untuk Kesehatan Mata
source: https://www.iwearopticians.co.uk/wp-content/uploads/2017/06/01-780x519.jpg

Mengandung Mineral untuk Metabolisme Tubuh

Kacang panjang menyediakan mineral dalam jumlah cukup yang diperlukan oleh tubuh. Mineral tersebut seperti zat besi, zinc, tembaga, mangan, kalsium, fosfor, dan magnesium. Mineral ini berperan dalam mengaktifkan enzim dalam proses metabolisme tubuh. Metabolisme sendiri berarti proses tubuh mengolah makanan yang diserap untuk diolah menjadi energi.

Mengandung Mineral untuk Metabolisme Tubuh
source: https://i.ndtvimg.com/i/2016-11/running_620x350_81479727521.jpg