Istilah dalam USG Kehamilan


 

Saat mendapatkan hasil USG, kamu enggak hanya melihat foto janin tapi juga terdapat istilah-istilah, tabel dan angka-angka di dalamnya. Kamu pasti bingung membacanya kan, Moms. Terkadang dokter juga tidak menjelaskan maksud dari istilah-istilah tesebut. Nah, ternyata itu merupakan pengukuran dokter terhadap tungkai lengan, kaki, dan diameter kepala janin.
Beberapa istilah umum yang ada di hasil foto USG antara lain: 
 
source: http://satyakiranhealthcare.com


 

baca juga

1. Gestasional Sac (GS)
Ini merupakan ukuran kantong kehamilan yang berupa bulatan hitam. GS ini biasanya muncul pada foto USG trimester I. GS bukan hanya mencakup janin yang sedang berkembang di dalamnya, tapi juga cairan ketuban yang berfungsi untuk memberikan nutrisi dan melindungi janin yang sedang berkembang. GS ini juga untuk mendeteksi kehamilan awal. 


2. Crown Rump Lenght (CRL)
CRL adalah ukuran jarak dari puncak kepala ke bagian bokong atau ekor bayi. Istilah ini biasanya muncul pada  trimester I kehamilan. 
 

source: http://motherhow.com

3. Biparietal Diameter (BPD)

BPD adalah ukuran jarak antara kedua tulang parietal (tengkorak). BPD ini sangat penting untuk menentukan usia kehamilan, pertumbuhan janin, taksiran berat badan janin dan diagnosa hidrocephalus. Biasanya mulai dideteksi sejak kehamilan 12 minggu. 

 

4. Femur Lenght (FL) 
FL merupakan ukuran panjang tulang paha bayi. Istilah ini akan muncul pada foto USG di kehamilan trimester II. FL juga dapat dipakai untuk menentukan usia kehamilan seorang ibu. 


5. Head Circumferensial (HC)
HD adalah ukuran lingkaran kepala janin, yang biasanya muncul saat USG kehamilan trimester II. HD juga digunakan untuk mengukur usia kehamilan.
 

source: http://vitaminsziget.com


 

baca juga

6. Fetal Weight (FW) 
FW merujuk pada berat bayi dalam kandungan. Ukuran ini menjadi salah satu faktor untuk menentukan apakah pertumbuhan dan perkembangan bayi di rahim dalam keadaan normal atau tidak. 


7. Fetal Heart Rate (FHR) 
FHR merupakan ukuran frekuensi jantung janin. Frekuensi dasar denyut jantung janin  normal adalah 116-160 denyut per menit (dpm) dan direkam selama kurang lebih 30 menit.
 

source: https://www.babycenter.com