Beragam kabar dan berita yang berisi informasi seputar virus corona tersebar di hampir seluruh media sosial. Kepanikan masyarakat di seluruh dunia tentang wabah virus asal Wuhan, China, ini menjadi semakin besar. Salah satu hoax yang paling banyak menimbulkan perdebatan adalah penularan virus corona yang dikatakan dapat terjadi melalui barang impor asal China, baik itu makanan, baju, hingga alat elektronik.

Virus Corona Menular Lewat Barang Impor China? Ini Dia Faktanya!
source: https://www.suara.com/

Namun, melansir dari DetikHealth, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, dr. Anung Sugihantono, hingga saat ini  penularan virus corona diduga akibat dari kontak langsung dengan orang-orang yang terinfeksi, dan bukan melalui penggunaan barang yang diimpor dari China. 

Dr. Anung juga menegaskan bahwa tidak ada makanan, pakaian, atau barang apapun yang berasal dari China yang dapat menularkan virus mematikan itu. Meskipun begitu, memang diketahui juga bahwa penularan virus corona masih belum dapat dipastikan. Itulah sebabnya banyak orang memilih untuk mengenakan maskeru agar dapat menghindari penularan virus ini. 

Virus Corona Menular Lewat Barang Impor China? Ini Dia Faktanya!
source: https://www.emaratalyoum.com/

Ia juga menganjurkan untuk menghindari kontak langsung dengan orang-orang yang menunjukkan gejala terjangkit virus corona. Pasalnya, kontak langsung masih menjadi dugaan kuat proses penularan virus corona, termasuk melalui udara seperti batuk dan bersin.

baca juga

Gejala Infeksi Virus Corona

Pada dasarnya, gejala virus corona sekilas sama seperti gejala virus influenza pada umumnya, yaitu demam, batuk, pilek, dan masalah pernafasan. Meskipun terlihat sederhana, jika Mommy menemukan ada orang-orang yang menunjukkan gejala seperti itu, tidak ada salahnya untuk menjaga jarak dan tidak banyak melakukan kontak langsung. Selain itu, gunakan masker, cuci tangan setiap keluar dari rumah, dan hindari pergi ke pasar hewan juga sangat disarankan untuk meminimalisir penularan virus corona.

Virus Corona Menular Lewat Barang Impor China? Ini Dia Faktanya!
source: https://www.nepal24hours.com/

Semoga informasi ini bermanfaat, Moms!