Melansir dari WolipopDetik, surat Maryam merupakan surat nomor 19 dalam kitab suci Al Qur'an. Surat ini terdiri dari 98 ayat dan masuk dalam kategori surat Makkiyah yang turun pada periode Mekkah, yaitu saat Rasulullah belum hijrah ke Madinah. Surat ini kerap kali direkomendasikan untuk dibaca bagi para wanita yang sedang menantikan kehamilan atau sedang menjalani masa kehamilan. Pasalnya, surat ini menceritakan kisah Maryam binti Imran saat sedang melahirkan Nabi Isa.

Keutamaan Membaca Surat Maryam Saat Program Hamil dan di Masa Kehamilan
source: https://depositphotos.com/

Perjuangan Maryam melahirkan Nabi Isa tercantum dalam ayat 19 sampai 25. Dalam ayat tersebut dikisahkan bagaimana pertemuan Maryam dengan Malaikat Jibril yang mengatakan bahwa ia akan dikaruniai anak. Maryam sempat mengelak karena ia tidak memiliki suami dan ia bukanlah seorang pezina. Namun, Jibril kemudian meyakinkan bahwa itu adalah kuasa dari Allah yang dapat melakukan apapun yang mustahil sekalipun.

Saat Maryam benar-benar sudah mengandung, ia akhirnya pergi mengasingkan diri. Ia pun menjalani proses persalinan dengan perjuangan yang sangat berat di mana ia menjalaninya seorang diri di bawah sebuah pohon kurma.

Keutamaan Membaca Surat Maryam Saat Program Hamil dan di Masa Kehamilan
source: https://www.vice.com/

Dalam kisah yang diceritakan di surat Maryam, ada banyak pelajaran yang bisa dipetik. Beberapa diantaranya adalah makna tentang keimanan, ikhtiar, doa, dan selalu berprasangka baik pada Allah. Ketika Maryam diuji dengan kehamilan dan anak tanpa adanya suami, tentu itu adalah hal yang berat.

Namun, Maryam yang sholihah dan selalu berusaha berprasangka baik pada Allah mampu melaluinya dan mendapatkan balasan yang setimpal atas keikhlasannya. Begitu pula dengan para wanita di luar sana yang mungkin diuji dengan kesulitan memiliki momongan. Berprasangka baik pada Allah dapat menjadi salah satu cara untuk bisa menenangkan diri dan ikhlas.

baca juga

Terakhir, surat Maryam juga dapat menjadi refleksi bagi para ibu hamil yang sedang menjalani betapa beratnya perjuangan dan pengorbanan ibu selama masa kehamilan dan persalinan. Selain mendapatkan berkah, membaca surat Maryam pada masa-masa ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para Mommy untuk lebih kua dalam menjalani perannya.