Hernie Rahardja selaku Director of Foods & Beverages PT. Unilever Indonesia menuturkan pihaknya berkomitmen membantu para ibu untuk menyiapkan asupan makanan yang lezat dan bergizi. Terlebih Indonesia tengah alami darurat ketidakseimbangan gizi. Dimana berdasarkan data Riskesdes tahun 2018, lebih dari 23 juta anak mengalami permasalahan gizi tidak seimbang yang ditandai dengan besarnya angka stunting dan obesitas pada anak.

Lawan Stunting, Royco Luncurkan Program Nutrimenu Bantu Ibu Siapkan Gizi Seimbang Anak

“Kehadiran program Royco Nutrimenu ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’ diharapkan dapat membantu dan menginspirasi para Ibu dan remaja untuk menyajikan makanan bergizi seimbang yang tentunya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan generasi masa depan Indonesia,” tutur Hernie Rahardja di Jakarta pada Selasa (28/1/2020).

Apa Itu ‘Ayo Masak Lezat Sesuai Isi Piringku’?

Program Royco Nutrimenu ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’ merupakan rangkaian kegiatan edukasi yang diawali dengan Training of Trainers (ToT) kepada kader kesehatan dari TP-PKK dan Posyandu mengenai permasalahan gizi di Indonesia, prinsip gizi seimbang, pedoman Isi Piringku, dan praktek memasak resep Royco Nutrimenu sesuai Isi Piringku.

Para kader pun dibekali dengan media edukasi dan buku harian Royco Nutrimenu untuk mengedukasi ibu-ibu di lingkungan sekitarnya dan memberikan pendampingan untuk mengimplementasi praktek memasak Royco Nutrimenu sesuai Isi Piringku selama 21 hari. Untuk mengukur manfaat dari program ini, Unilever melalui Royco bekerjasama dengan IPB University melakukan penelitian untuk melihat adanya perubahan perilaku dari para Ibu sebagai indikator efektivitas implementasi program.

baca juga

Hasil Riset dan Fakta

“Keseluruhan penelitian menunjukkan bahwa program Royco Nutrimenu “Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku” telah memberikan peningkatan signifikan bagi pengetahuan gizi, sikap dan praktek para Ibu, untuk memasak sesuai panduan Isi Piringku. Bahkan sekitar tiga per empat peserta program Royco Nutrimenu (75%) kini sudah dapat menyusun porsi pangan sumber karbohidrat, lauk pauk, sayuran dan buah dengan benar,” ungkap Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN selaku Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University.

Hasil Riset dan Fakta

50 Bahan Pangan Masa Depan

Royco Nutrimenu juga memperkenalkan bahan-bahan masakan yang termasuk dalam 50 Bahan Pangan Masa Depan untuk menginspirasi Ibu mempersiapkan masakan yang lezat, sehat dan terjangkau. Beberapa bahan yang termasuk di dalamnya adalah Bayam, Pak Choi, Daun Kelor, Selada Air, Okra, Ubi Jalar dan Kacang Hijau.

Pakar gizi, dr. Diana F. Suganda, MKes, Sp.GK menuturkan porsi makanan yang dianjurkan adalah setengah piring terdiri dari buah dan sayur, setengah piring sisanya adalah sumber karbohidrat serta lauk-pauk dengan porsi seimbang.

50 Bahan Pangan Masa Depan

“Menyiapkan menu bergizi seimbang, sebenarnya tidak sulit, dengan hadirnya Royco Nutrimenu bisa membantu Ibu dalam menyiapkan masakan lezat sesuai Isi Piringku. Contohnya sup ayam daun kelor, dimana daun kelor kaya akan protein, vitamin C, zat besi, potasium dan nutrisi penting lainnya,” tutur dr. Diana F. Suganda, MKes, Sp.GK.

baca juga

Peran Ibu dalam Gizi Seimbang Anak

Nirina Zubir mengaku terbantu dengan hadirnya program Royco Nutrimenu ini. Sebagai ibu dari 2 anak sekaligus pemain film, ia menyadari pentingnya asupan terbaik bagi anak sehingga perlu menyiapkan menu makanan bergizi seimbang.

Peran Ibu dalam Gizi Seimbang Anak

“Hadirnya program Royco Nutrimenu ini, membantu saya menyediakan masakan yang bergizi, namun tetap mudah dan lezat. Senangnya, kedua anak saya pun menyukai variasi menu seperti sup ayam daun kelor yang lezat dan mudah dikunyah,” kata Nirina Zubir.