Seperti dilansir NewsDetik, tamu undangan resepsi pernikahan di Kecamatan Toili Barat, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng) dikejutkan dengan penampilan pengantin saat di pelaminan. Jika umumnya mempelai mengenakan pakaian pengantin, kali ini kedua mempelai memakai seragam pramuka.

Awalnya sih ragu, tapi setelah acara berlangsung banyak yang support dan menganggap bahwa langkah ini adalah unik, bahkan jarang terjadi di Indonesia," tutur mempelai pria, I Gede Ariana, saat dihubungi detikcom, Sabtu (25/1/2020).

Cerita Unik Pasangan Pengantin di Sulteng Pakai Seragam Pramuka Saat Resepsi Pernikahan
source: https://www.facebook.com/gede.ariana

Gede Ariana menerangkan idenya mengenakan seragam pramuka ini sudah direncanakan dengan matang. Dia dang istrinya hendak membuktikan rasa nasionalisme mereka.

Cerita Unik Pasangan Pengantin di Sulteng Pakai Seragam Pramuka Saat Resepsi Pernikahan
source: https://www.facebook.com/gede.ariana

Gede Ariana dan Ni Kadek Santiani ternyata pengurus Kwarcab Banggai. Pasangan yang baru saja sah sebagai suami dan istri ini tercatat menjabat sebagai Sekretaris Kwarran Toili Barat dan Moilong.

"Yang kami tahu bahwa kedua pengantin memang pengurus kwarcab Pramuka, tapi dengan menggunakan seragam pramuka saat acara resepsi, semua tamu undangan kaget dan merasa terhibur," ungkap salah satu tamu undangan, Nawi.

baca juga

Nawi mengatakan para tamu yang hadir langsung mengabadikan tampilan unik pasangan pengantin ini dengan kamera ponsel mereka.

Cerita Unik Pasangan Pengantin di Sulteng Pakai Seragam Pramuka Saat Resepsi Pernikahan
source: https://www.facebook.com/gede.ariana

5 Tips Saat Memilih Gaun Pengantin

Wah, cukup unik ya, Moms. Memilih pakaian pengantin yang unik memang tidak ada salahnya. Namun, Moms juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini saat memilih baju pengantin. Dilansir WolipopDetik, ini Moms 5 tips saat memilih gaun pengantin.

Buat Janji Temu di Pagi Hari
Jika Moms memutuskan untuk membeli sendiri atau menjahit gaun pengantin ketimbang sewa, sebaiknya buat janji temu dengan desainer di pagi hari. Seorang desainer, penjahit atau stylist kenamaan biasanya akan banyak menangani klien seharian. Semakin siang, makin banyak keinginan klien yang harus diakomodir dan itu bisa membuat mereka kelelahan serta kurang fokus.

Terlebih lagi di sore atau malam hari ketika butik atau workshop sudah akan tutup. Maka waktu terbaik untuk membicarakan desain ataupun model busana pengantin adalah di pagi hari, ketika konsultan bridal maupun desainer ide-idenya masih segar dan bersemangat untuk diajak berdiskusi.

Pilih Baju dengan Siluet Klasik
Kenali dulu bentuk tubuh kamu, baru tentukan siluet gaun yang paling cocok. Soal warna dan pemilihan bahan bisa dilakukan belakangan. Gaun berpotongan A-line yang melebar ke bawah, atau gaun ala princess mungkin akan membuat penampilan terlihat megah dan fancy. Tapi belum tentu model tersebut cocok dengan bentuk tubuh kamu. Barangkali, kamu akan terlihat lebih cantik dengan gaun berpotongan mermaid, ballgown atau fishtail.

Fokus di Bagian Atas
Gaun atau kebaya pengantin sebaiknya difokuskan pada bagian atas. Artinya, ornamen penghias seperti bordir, payet, kristal atau manik-manik lebih banyak diaplikasikan pada bagian atas busana. Kenapa? Karena tamu biasanya akan lebih fokus melihat mulai dari bagian wajah pengantin hingga area torso.

Boleh saja menambahkan ornamen pada bagian bawah maupun train tapi sebaiknya porsinya diperbanyak di bagian atas. Lagipula dalam foto-foto pernikahan, wajah kamu yang akan lebih banyak diekspos. Jadi jika bujet untuk baju pernikahan terbilang terbatas tapi tetap ingin tampil glamor, sediakan porsi yang lebih banyak untuk menghias bagian atas busana.

5 Tips Saat Memilih Gaun Pengantin
source: https://www.plaminan.com/

Jangan Terburu-buru
Memilih baju pengantin sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari sebelum tanggal pernikahan, minimal enam bulan. Kamu menginginkan yang terbaik untuk hari istimewa tersebut, maka tidak perlu terburu-buru memilih baju pengantin yang akan dikenakan. Cari beberapa rekomendasi salon atau butik bridal, referensi rancangan busana pengantin dari internet maupun majalah untuk mendapatkan gaun terbaik.

Jahit Sendiri
Tidak menemukan baju pengantin sesuai keinginan? Kenapa tidak membuat sketsa baju sendiri, lalu minta bantuan pada penjahit. Kamu bisa mengutarakan model apapun yang diinginkan, mengombinasikan berbagai ide yang sudah dikumpulkan dari internet atau majalah, bahkan menambahkan aksesori milik sendiri. Mau gaun simpel, atau punya sentuhan couture, semuanya bisa dikreasikan sesuai keinginan.

Nah, jika saat ini kamu sedang mempersiapkan pernikahan. Perhatikan hal-hal yang sudah disebutkan tadi ya, saat memilih baju pengantin.