Meski baru ditemukan pada Desember lalu, virus corona telah menjangkiti lebih dari 2.700 orang. Ia pun menyebar ke beberapa negara, mulai dari Thailand, Singapura, hingga Perancis dan Amerika Serikat (AS). Seperti dilansir NewsDetik, virus corona mengakibatkan 585 kematian akibat Middle East respiratory syndrome (MERS), yang muncul pertama kali pada 2012 di Arab Saudi. Sebelumnya pada 2003, corona virus menyebabkan 774 kematian akibat Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Bacaan Doa Agar Diberi Kesehatan dan Terhindari dari Virus Corona yang Menyebar
source: https://www.cnbcindonesia.com/

Virus corona atau corona virus pertama kali diidentifikasi pada 1960, namun tidak diketahui asal virusnya. Nama corona virus berasal dari bentuknya yang mirip mahkota. Pada beberapa kasus, virus corona bisa menginfeksi hewan dan manusia.

Kebanyakan virus corona menyebar seperti virus influenza pada umumnya. Coronavirus menyebar melalui batuk dan bersin mereka yang terinfeksi. Penyebaran juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, wajah, dan pegangan pintu atau bagian lain yang umum disentuh.

Infeksi virus corona kini semakin menyebar hingga ke 13 negara di dunia. Negara tersebut adalah China, Jepang, Prancis, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Nepal, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, dan Vietnam.

Dikutip dari detikinet, John Hopkins University di Amerika mengembangkan peta digital untuk memantau penyebaran virus corona 2019-nCoV di dunia. Peta ini dikembangkan Center for System Science and Engineering (CSSE) yang merupakan peta real time.

Bacaan Doa Agar Diberi Kesehatan dan Terhindari dari Virus Corona yang Menyebar
baca juga

Dikutip dari Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 4 dalam hadist nomor 1484, diriwayatkan dari Anas RA, melalui NewsDetik, Rasulullah Shallallahu'alaihi Wassalam pernah membaca doa berlindung dari segala penyakit. Berikut doanya:

Bacaan Doa Agar Diberi Kesehatan dan Terhindari dari Virus Corona yang Menyebar
source: https://news.detik.com/
"Wa an annas radhiyallahu anhu an nabiya shallahu allahi wasallam kana yaqulu, Allahumma innii a'uudzu Bika Minal Baroshi wal Junuuni wal Judzaami wa min Sayyi-il Asqoom".
source: https://news.detik.com/

Artinya: Dari Anas radhiyallahu anhu bahwasanya Nabi Muhammad shallahu allahi wasallam mengucapkan doa: Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang (kulit), gila, lepra, dan dari keburukan segala macam penyakit.

Selain itu, umat muslim juga disarankan untuk membaca:

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ

Artinya :

"Ya Allah, sehatkanlah badan ku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau".

Bacalah doa tersebut sebanyak tiga kali setiap pagi hari dan sore hari.

Dan berikut ini agar sehat dan diberikan umur panjang:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Artinya :

"Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaku, dan berkahilah karunia yang telah Engkau berikan kepadaku. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan kepada-Mu dan baguskalah amalanku dan ampunilah dosa-dosaku".

Bacaan Doa Agar Diberi Kesehatan dan Terhindari dari Virus Corona yang Menyebar
source: https://news.detik.com/

Nah Moms, jadi jika kekhawatiran akan penyakit menghinggapi hati dan membuat hati tidak tenang, maka coba minta pada Sang Pencipta untuk memberi perlindungan sebanyak-banyaknya. Karena hanya Allah Swt-lah sebaik-baiknya tempat meminta pertolongan dan perlindungan.