Seperti dilansir Haibunda, bayi yang akan tumbuh gigi ini biasanya akan membuat mereka tidak nyaman dan akhirnya jadi rewel, Moms. Karena saat itu, gusi bayi terasa gatal. Sehingga membuat mereka jadi suka menggigit puting saat disusui.

Meski begitu, tidak ada gejala yang benar-benar pasti ketika bayi tumbuh gigi. Nah Moms, berikut tanda yang mungkin terjadi ketika bayi tumbuh gigi.

Kenali 8 Tanda Bayi Tumbuh Gigi, Mengiler Hingga Mogok Makan
source: https://www.haibunda.com/

Mengiler

Tumbuh gigi merangsang produksi air liur. Saluran air liur ini aktif mulai dari 10 minggu, hingga tiga atau empat bulan lebih. Kalau bayi banyak mengeluarkan air liur, usap mulut bayi dengan lembut. Ini dilakukan supaya bayi tetap nyaman dan bersih.

Mengiler
source: https://health.detik.com/
baca juga

Ruam Sekitar Mulut

Jika bayi mengeluarkan air liur terus menerus, ini dapat menyebabkan ruam dan kemerahan di sekitar mulut. Mengusap air liur bayi akan membantu mencegah kulitnya mengalami ruam.

Ruam Sekitar Mulut
source: https://hellosehat.com/

Suka Menggigit

Tumbuh gigi membuat bayi merasa tidak nyaman. Bayi akan menggigit apa pun yang ia temukan seperti mainan dan teether. Bahkan, mereka akan menggigit puting Bunda ketika sedang menyusu.

Suka Menggigit
source: https://www.haibunda.com/
baca juga

Sering Menangis

Beberapa bayi yang tumbuh gigi merasakan sakit akibat radang jaringan gusi. Bayi mengungkapkan rasa sakitnya ini dengan menangis dan merengek. Biasanya, tumbuh gigi pertama adalah yang paling terasa sakit.

Namun, beberapa bayi tidak mengalami sakit seperti ini ketika tumbuh gigi. Sebagian besar bayi juga terbiasa dengan rasa sakit ketika tumbuh gigi.

Sering Menangis
source: https://health.detik.com/

Rewel

Gusi bayi akan terasa sakit ketika gigi akan tumbuh. Ini akan membuatnya merasa tidak sehat. Beberapa bayi rewel hanya beberapa jam. Tapi, ada juga bayi yang rewel selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

Rewel
source: https://www.haibunda.com/

Tidak Mau Makan atau Menyusu

Bayi merasa gusinya tidak nyaman ketika tumbuh gigi. Hisapan ketika menyusu membuat gusi bayi terasa sakit. Makanya, saat tumbuh gigi, bayi cenderung tidak mau menyusu. Begitu pula dengan bayi yang sudah mengonsumsi MPASI. Mereka biasanya tidak mau makan ketika tumbuh gigi.

Tidak Mau Makan atau Menyusu

Bangun Ketika Malam Hari

Rasa tidak nyaman pada gusi mungkin akan mengganggu tidur si kecil. Mereka mungkin terbangun ketika malam hari. Supaya bayi merasa nyaman, tenangkan mereka dengan menimang atau menyanyikannya lagu sebelum tidur.

Bangun Ketika Malam Hari

Menarik Telinga dan Menggaruk Pipi

Bayi yang mengalami tumbuh gigi akan menarik-narik telinga dan menggaruk pipi. Ini karena gusi, telinga, dan pipi memiliki saraf yang sama. Sehingga, rasa sakit pada gusi dapat menyebar ke telinga dan pipi.

Menarik Telinga dan Menggaruk Pipi

Nah Moms, itu tadi 8 tanda bayi mulai tumbuh gigi. Jadi pastikan Mommies tahu betul ya tanda-tandanya. Agar Moms tahu apa yang dibutuhkan si kecil, dan Moms tidak panik atau bingung dengan kondisi si kecil. Semoga informasi ini bermanfaat, Mommies.