Makanan yang ampuh menghilangkan selulit di tubuh

Selulit adalah guratan putih di sepanjang kulit, terutama paha, perut, panggul, dan betis. Penyebabnya adalah lemak yang berlebih yang mengisi bagian antara kulit dan otot. Jika bagian tubuh tersebut tidak memiliki otot, itu artinya lemak tersebut tidak memiliki ‘pondasi’, sehingga lemak menyembul diantara bagian kulit. Akibatnya muncul permukaan kulit kasar yang disebut dengan selulit. 

Ampuh Hilangkan Selulit, 5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Secara Rutin, Moms!
source: http://www.health-livening.com/top-10-anti-cellulite-tips-for-women-7-is-the-best-solution/

Timbulnya selulit tidak selalu karena tubuh Moms gemuk, selulit juga bisa terbentuk karena Moms kurang olahraga. Tubuh yang kurang bergerak membuat lemak menumpuk dan menyebabkan kulit jeruk atau selulit tersebut.

Nah, untuk bisa menghilangkan selulit tersebut ada cara alami hanya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini seperti dilansir dari The Healthy melalui DetikFood.

1. Dark Chocolate

Makanan penghilang selulit yang pertama adalah dark chocolate atau cokelat hitam. Cokelat hitam ini terasa sedikit pahit karena banyak mengandung buah kakao asli dibanding jenis cokelat lainnya. Maka itu rasa cokelat hitam lebih pahit daripada jenis cokelat lainnya yang sudah mendapat campuran bahan lain. Dan jika dikonsumsi rutin, bisa menghilangkan delulit lho, Moms.

Banyak nutrisi baik dengan kandungan mineral seperti magnesium dan zat besi yang terdapat dalam sepotong cokelat hitam. Tak hanya itu, ada juga antioksidan yang tinggi berupa flavonoid. Jenis antioksidan ini memiliki beragam dampak baik untuk tubuh.

Ampuh Hilangkan Selulit, 5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Secara Rutin, Moms!
source: https://indvstrvs.com/dark-chocolate-consumption-craze-may-outstrip-supply/

Menurut Ginger Hulitin selaku Ahli Diet di Academy of Nutrition and Dietetics, kakao memang memiliki beragam penelitian menarik untuk mendukung sistem kardiovaskular yang sangat penting untuk aliran darah ke seluruh tubuh. Salah satunya dalam mengatasi selulit ini.

Ada beragam cara mengonsumsinya, ada yang langsung memakannya, ada juga yang digunakan sebagai campuran pisang beku, yoghurt ataupun dijadikan minuman hangat.

baca juga

2. Alpukat

Selanjutnya ada buah alpukat sebagai penghilang selulit di tubuh Moms. Alpukat ini sering juga dikonsumsi seseorang yang sedang menjalankan program diet karena tinggi serat dan cepat membuat kenyang. Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada alpukat juga dapat membantu dalam membakar lemak.

Selain mengenyangkan, serat pada alpukat juga dapat membantu dalam menyeimbangkan glukosa dan membuang racun pembentuk selulit. Dengan mengonsumsinya rutin, guratan-guratan selulit di tubuh Moms bisa hilang.

Ampuh Hilangkan Selulit, 5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Secara Rutin, Moms!
source: https://www.rd.com/health/eat-avocado-every-day/

Beragam cara mengonsumsi alpukat ini, namun jika ingin lebih sehat sebaiknya jangan mengonsumsi alpukat dengan tambahan gula ya, Moms. Pilihannya, Moms bisa mengonsumsinya langsung atau membuatnya menjadi smoothie, campuran sandwich bersama telur, daging asap, dan selada segar. 

3. Grapefruit

Selain alpukat, ada juga buah yang dapat menghilangkan selulit jika dikonsumsi rutin, yaitu grapefruit atau lebih dikenal dengan jeruk bali. Grapefruit memiliki kandungan zat anti-inflamasi serta dapat menghidrasi. Buah ini juga dapat membantu menyehatkan kulit.

Ampuh Hilangkan Selulit, 5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Secara Rutin, Moms!
source: https://en.m.wikipedia.org/wiki/File:Citrus_paradisi_(Grapefruit,_pink)_white_bg.jpg

Grapefruit termasuk buah yang masuk ke dalam keluarga citrus, memiliki rasa asam segar sama halnya dengan buah citrus lainnya. Dalam setengah buah grapefruit mengandung 2 gram serat yang sangat dibutuhkan tubuh, kandungan serat yang terkandung ini pun dapat membantu dalam menyeimbangkan glukosa untuk menghilangkan racun pembentuk selulit.

Untuk mengonsumsi grapefruit bisa ditambahkan makanan yang mengandung lemak tak jenuh dan juga memiliki kandungan protein tinggi. Seperti untuk campuran salad bersama alpukat dan ikan salmon.

baca juga

4. Dark berry

Masih dari jenis buah-buahan, selanjutnya ada buah berry gelap yang termasuk di dalamnya adalah blueberry dan blackberry. Kedua buah tersebut berperan dalam meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi dalam mendorong pertumbuhan jaringan kulit yang baru. Buah berry yang memiliki warna gelap ini pun dapat memperbaiki tekstur serta warna kulit.

Ampuh Hilangkan Selulit, 5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Secara Rutin, Moms!
source: http://www.vapingxtreme.com/blueberry-blackberry/

Selain itu, dark berry mengandung antioksidan yang berfungsi memecah sel lemak, memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan mengurangi peradangan. Karena peradangan tersebut membuat selulit dapat terlihat sangat jelas. Tak hanya dapat menghilangkan selulit, dark berry pun baik dalam mencegah tanda-tanda penuaan atau keriput.

Disarankan Moms mengonsumsi dark berry segar secara langsung, tanpa diolah karena lebih banyak mengandung antioksidan. Namun, bisa juga Moms mengolahnya sebagai campuran pada smoothie, oatmeal, pancake ataupun yoghurt.

5. Semangka

Siapa tak menyukai buah segar berwarna merah ini? Ya, selain lezat dan menyegarkan, siapa sangka buah semangka juga mampu mengatasi selulit. Hal ini karena selain memiliki kandungan air yang tinggi, semangka juga memiliki zat likopen.

Zat likopen ini membuat warna merah cerah pada semangka. Zat ini merupakan zat antioksidan yang sangat kuat dan dapat meningkatkan sirkulasi darah menjadi lancar sehingga dapat menghilangkan selulit pada tubuh Moms.

Ampuh Hilangkan Selulit, 5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Secara Rutin, Moms!
source: https://www.runnersworld.com/nutrition-weight-loss/a28593688/watermelon-nutrition/

Menurut seorang Konsultan Nutrisi bernama Erin Palinski-Wade jika ingin terbebas dari kulit berselulit kuncinya adalah tetap membuat tubuh terhidrasi. Dan adalah pilihan tepat jika Moms rutin mengonsumsi buah semangka ini yang 92% nya mengandung air.