Seorang penjual jeruk keliling dari Karnataka, India, baru saja mendapatkan penghargaan Padma Shri. Penghargaan untuk warga sipil tertinggi, sebagai bentuk penghargaan untuk orang-orang yang berjasa dalam berbagai bidang untuk negara India.

Kisah Inspiratif Penjual Jeruk Keliling Bangun Sekolah Untuk Anak Kurang Mampu
source: https://food.detik.com/

Dilansir dari Storypick (30/01) melalui FoodDetik, penjual jeruk bernama Harekala Hajabba ini, tidak pernah memiliki kesempatan untuk sekolah. Namun, kekurangannya ini ia ubah menjadi motivasi, untuk membangun sekolah gratis di kampungnya. Tujuannya agar generasi selanjutnya tak bernasib sama dengan dirinya.

"Pertama kali saya merasa pentingnya pendidikan, ketika turis asing ingin membeli buah jeruk dagangan saya, dan saya tidak bisa mengerti bahasa Inggris. Saya tersadar pentingnya sebuah pendidikan, dan ide itu muncul, untuk membuat sekolah dasar sehingga anak-anak di desa saya tak bernasib sama seperti saya," lanjut penjual jeruk berusia 68 tahun tersebut.

Setiap harinya Harekala mampu mengumpulkan uang sebanyak Rs. 150 (Rp28,687) dari berjualan jeruk keliling. Meski uang yang didapatkannya sangat kecil, dan tidak seberapa, tapi berkat kegigihannya menabung, dan menyisihkan semua pendapatannya, di tahun 2000 lalu ia berhasil mendirikan sekolah sederhana di kampungnya.

Kisah Inspiratif Penjual Jeruk Keliling Bangun Sekolah Untuk Anak Kurang Mampu
source: https://food.detik.com/

Banyaknya anak-anak yang datang ke sekolahnya untuk belajar, membuatnya semakin semangat menjalankan aksi mulianya ini. Ia mulai mengambil pinjaman di bank, dan menguras habis tabungannya untuk membeli tanah untuk sekolahnya, tanpa bantuan dari warga atau pemerintah sama sekali.

baca juga

Awalnya ada 28 siswa yang masuk ke dalam sekolah Muslim Madrasah miliknya. Beberapa tahun kemudian banyak dermawan yang menyumbangkan dana, hingga membantu membangun sekolah, hingga akhirnya Harekela mampu membuka sekolah menengah pertama (SMP).

Karena tidak ada bantuan, Harekala lah yang melakukan semuanya. Mulai dari menyapu hingga mengepel sekolah, memasak air untuk minum para muridnya, hingga memperbaiki bangunan sekolahnya. Semua kerja keras ini terbayar, dengan datangnya penghargaan tertinggi Padma Shri dari pemerintah India, karena Harekala berjasa dalam bidang pendidikan.

Kisah Inspiratif Penjual Jeruk Keliling Bangun Sekolah Untuk Anak Kurang Mampu
source: https://food.detik.com/

Kisah ini menginspirasi banyak orang untuk terus berbuat kebaikan. Setelah mendapatkan penghargaan ini, Harekala berencana untuk menabung agar bisa mendirikan universitas di kampungnya, dan meminta bantuan pemerintah untuk merealisasikan mimpinya ini.

Keutamaan Bersedekah

Wah Moms, sungguh sangat mulia ya. Meski hanya penjual jeruk keliling, namun dengan segala keterbatasannya, Harekala tetap mau membangun sekolah demi anak-anak yang tidak mampu. Itulah hebatnya sedekah, bisa membahagiakan orang lain dan tentu diri sendiri. Seperti yang dilakukan Si penjual jeruk keliling asal India itu. Karena itu, yuk Moms kita cari tahu apa saja keutamaan bersedekah seperti yang dilakukan Harekala.

Pertama, Allah SWT akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah. Poin ini terdapat dalam Alquran Surah Al-Hadid: 18.

"Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak."

Kedua, sedekah jadi penghapus dosa. Maka Allah SWT berjanji untuk menghapus dosa-dosanya. Keutamaan tersebut terdapat dalam hadist Rasulullah SAW yang berbunyi, "Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR Tirmidzi)

Ketiga, sedekah sebagai naungan di hari akhir. Selain mendapatkan ampunan yang besar dari Allah SWT, seseorang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir nanti. Dalam sebuah hadist dinyatakan terdapat tujuh orang yang akan mendapatkan naungan dari Allah, di mana pada saat tersebut tidak ada lagi naungan selain naungan-Nya. Di antara tujuh golongan tersebut, salah satunya adalah orang yang suka bersedekah.

"Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya akan menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan." (HR Bukhari)

Keutamaan Bersedekah
source: https://www.hudacendekia.or.id/

Keempat, adanya pintu surga khusus untuk mereka yang gemar sedekah. Pernyataan ini berdasarkan HR Bukhari dan Muslim.

"Orang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka dia akan dipanggil oleh salah satu pintu surga: Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan. Jika dia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, dia dipanggil dari pintu shalat. Yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad. Jika dia berasal dari golongan orang yang gemar bersedekah, maka akan dipanggil dari pintu sedekah."

Kelima, terbebas dari siksa kubur. Di hari akhir nanti, selain bisa masuk lewat pintu khusus menuju surga, seseorang yang bersedekah akan terbebas dari siksa kubur yang menyedihkan. Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR Ath Thabrani)

Keenam, dijauhkan dari api neraka. Ganjaran ini merupakan janji Allah SWT bagi mereka yang gemar bersedekah adalah dijauhkan dari siksa api neraka yang menyala-nyala. Meskipun harta yang disedekahkan sedikit, namun jika dilakukan dengan keikhlasan, maka sedekah yang kecil tersebut akan berdampak besar dari dijauhkannya siksa api neraka pada diri kita.

Rasulullah SAW pun bersabda: "Jauhilah api neraka walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat Thayyibah." (HR Bukhari dan Muslim).

Ternyata banyak ya, Moms, keutamaan sedekah. Jadi tunggu apa lagi, Moms? Yuk, bersedakah membantu sesama.