Tentu Mommy tahu jika menjemur bayi di bawah sinar matahari mempunyai banyak manfaat untuk tumbuh kembang dan kesehatan si kecil. Namun, beberapa studi belakangan ini menunjukkan bahwa beberapa bayi yang terpapar sinar ultraviolet (UV) dalam 6 bulan pertama kehidupannya memiliki kulit yang cenderung lebih rentan.

Tidak disangka-sangka, para peneliti menemukan bahwa banyak orangtua yang tidak mengetahui aturan tepat untuk menjemur bayi. Selain itu, mereka juga tidak terlalu memikirkan persoalan UV indeks yang ternyata sangat penting untuk diperiksa sebelum menjemur bayi.


1. Hindari Paparan Langsung Sinar Matahari
 

Hati-Hati! Ini Dia Panduan UV Index untuk Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari
source: https://noodleandboo.com/


Karena kulit bayi sangat sensitif, Mommy sangat dianjurkan untuk melindungi kulit mereka dari paparan sinar matahari langsung dari pada menggunakan tabir surya pada kulitnya di enam bulan pertama kehidupannya. Dengan kata lain, sangat penting untuk menghindari paparan sinar matahari langsung dan mencari tempat teduh saat berada di luar ruangan. Ini juga termasuk ketika Mommy sedang menjemur si kecil antara pukul 10 pagi dan 4 sore.

baca juga


2. Periksa UV Indeks
 

Hati-Hati! Ini Dia Panduan UV Index untuk Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari
source: https://www.almanac.com/

Jangankan bayi, kulit orang dewasa saja bisa terbakar jika terpapar sinar matahari dengan UV indeks yang terlalu tinggi. Faktanya, kulit balita dan anak-anak dapat terbakar matahari hanya dalam 15 menit tergantung pada tingkat UV indeksnya.

Jika UV indeks rendah (0-2), risiko kulit terbakar karena terlalu banyak terkena sinar matahari akan rendah. Si kecil juga tidak perlu mengenakan perlindungan. Namun, jika UV indeks adalah antara 3 dan 7, kamu perlu memakaikan perlindungan untuk si kecil. Untuk UV indeks yang lebih tinggi dari 8, itu saatnya untuk perlindungan ekstra. Kamu bisa memeriksa UV indeks di smartphone dengan membuka aplikasi cuaca.


3. Sunscreen untuk Anak 6 Bulan Ke Atas
 

Hati-Hati! Ini Dia Panduan UV Index untuk Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari
source: https://www.frezyderm.co.uk/


Setelah bayimu mencapai usia 6 bulan, itu saatnya untuk mulai mengenakan tabir surya padanya. Pilihlah tabir surya berspektrum luas, tahan air yang memberikan perlindungan matahari (SPF) minimal 15. Jangan lupa untuk memeriksa kandungan bahan aktifnya; zinc oxide dan titanium dioxide adalah pilihan yang bagus untuk kamu pilih karena relatif tidak menyebabkan reaksi kulit. Mommy juga bisa memeriksakan apakah tabir surya itu menimbulkan alergi dengan memakaikannya pada pergelangan tangan anak.

baca juga


4. Jangan Biarkan Anak Mengaplikasikan Sunscreen Sendiri
 

Hati-Hati! Ini Dia Panduan UV Index untuk Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari
source: https://www.scratchsleeves.co.uk/


Anak-anak cenderung suka mengusap mata, hidung dan mulut saat bermain. Tentu akan sangat berbahaya jika ia dibiarkan untuk mengoleskan sunscreen sendiri. Pastikan Mommy membantunya untuk mengoleskan sunscreen secara merata dan mintalah ia diam sejenak untuk membiarkan sunscreen menyerap. 


5. Siapkan Perlindungan Ekstra
 

Hati-Hati! Ini Dia Panduan UV Index untuk Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari
source: https://www.pickapooh.de/


Terakhir, siapkan perlindungan ekstra untuk menjaga anak dari paparan sinar matahari langsung dengan menyiapkan topi, kacamata hitam dan pakaian tipis yang menutupi tubuh semaksimal mungkin. Untuk perlindungan tambahan, Mommy juga bisa membelikan si kecil pakaian khusus yang ditandai dengan faktor perlindungan ultraviolet (UPF) 30 atau lebih.